Forgot Password Register

Headlines

Polri Bantah ISIS Dalangi Kerusuhan di Mako Brimob

Polri Bantah ISIS Dalangi Kerusuhan di Mako Brimob Mako Brimob (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pantau.com - Polri membantah kelompok radikal ISIS menjadi dalang kerusuhan yang terjadi di Rumah Tahanan cabang Salemba di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa, 8 Mei 2018.

"Sampai saat ini, kami membantah itu," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal M Iqbal di Depok, Kamis (10/5/2018).

Baca juga: ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Kerusuhan di Mako Brimob

Iqbal menyampaikan kepolisian telah melakukan konfirmasi langsung kepada beberapa petugas yang terluka dalam kejadian itu, serta sejumlah narapidana terorisme yang ditahan di Rutan Mako Brimob.

Namun, menurut Iqbal, tidak ditemukan bukti kuat adanya pengaruh ISIS dalam bentrokan antara napi terorisme dan polisi itu.

"Kejadian ini dipicu oleh permasalahan makanan tahanan. Makanan tahanan itu harus diverifikasi oleh petugas, dengan alasan keamanan, keselataman, bahkan kesehatan. Ini sesuai SOP," katanya.

Meski begitu Iqbal juga mengatakan jika dugaan keterlibatan ISIS itu akan diteliti lebih lanjut.

"Kami akan dalami itu, sampai saat ini insiden itu hanya dipicu oleh permasalahan makanan," ujar Iqbal.

Baca juga: Jelang Kedatangan Napi Teroris, Keamanan Dermaga Wijayapura Nusakambangan Diperketat

Sebelumnya, kerusuhan terjadi di Rutan Cabang Salemba di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Selasa, 8 Mei 2018. Sebanyak 156 narapidana melakukan aksi teror dengan menembaki sejumlah aparat yang tengah berjaga. 

Akibatnya, lima orang anggota kepolisian tewas pada kerusuhan tersebut, sementara empat lainnya mengalami luka-luka. Sedangkan dari pihak teroris, satu napi juga menjadi korban tewas akibat kerusuhan yang terjadi selama 36 jam ini.

Sementara itu, saat ini kerusuhan sudah bisa diredam oleh pihak keamanan. Sebanyak 155 napi sisanya memutuskan untuk menyerah tanpa syarat kepada pihak kepolisian dan akan dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More