Forgot Password Register

Headlines

Polri-TNI Kerahkan 6.500 Personel Amankan Demo Sukmawati di Bareskrim Polri

Sukmawati Soekarnoputri (Foto: Antara Foto/Meli Pratiwi) Sukmawati Soekarnoputri (Foto: Antara Foto/Meli Pratiwi)

Pantau.com - Polda Metro Jaya mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan aksi demo massa Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang digelar siang nanti, Jumat (6/4/2018). Aksi massa itu menuntut Polri melakukan proses hukum terkait puisi kontroversial 'Ibu Indonesia' Sukmawati Soekarnoputri.

"Aksi tersebut reaksi atas puisi 'Ibu Indonesia', massa menuntut agar proses hukum berlanjut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuhono, di Jakarta.

Baca juga: Puisi Sukmawati Dianggap Menodai Agama, Pengamat: Mengancam Kebebasan Berekspresi

Agro mengatakan tempat aksi massa itu akan digelar di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Namun, sebelum menuju ke Bareskrim Polri, massa PA 212 akan menunaikan salat Jumat di Masjid Istiqlal. 

"Diperkirakan ada 1.000 orang yang melakukan aksi tersebut," jelasnya.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan keamanan di sekitar lokasi aksi. Selain mengawal jalannya aksi, polisi juga akan melakukan rekayasa pengalihan arus di sekitar lokasi.

"Untuk personel keamanan kita siapkan 6.500 personel gabungan TNI-Polri," kata Agro.

Baca juga: PA 212: Sukmawati Harus Bernasib Sama Seperti Ahok

Sebelumnya, Sekretaris PA 212 Bernard Jabbar menyatakan akan mengerahkan massa berunjuk rasa untuk mendukung Polri menangani kasus Sukmawati.

Bernard menuturkan umat muslim telah menerima permohonan maaf Sukmawati terkait pembacaan puisi yang dianggap menyinggung pemeluk Islam.

Namun, dia menegaskan bahwa laporan ke kepolisian sebagai upaya hukum terhadap Sukmawati harus tetap berjalan supaya kasus serupa tidak terulang. 

Bernard menjami aksi massa ini akan berjalan tertib dan tidak akan menimbulkan kegaduhan dan kericuhan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More