Forgot Password Register

Presiden Brasil Bakal Pindahkan Kedubes ke Yerussalem, Mesir Tunda Kunker

Presiden Brasil Bakal Pindahkan Kedubes ke Yerussalem, Mesir Tunda Kunker Presiden Brasil Jail Bolsonaro. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Mesir telah menunda kunjungan diplomat senior Brasil. Hal itu dilakukan karena janji presiden terpilih akan memindahkan kedutaan besar negara Amerika Selatan itu di Israel ke Yerusalem.

Aloysio Nunes Ferreira dijadwalkan terbang ke Kairo untuk mengadakan lawatan pada 8-11 November. Selama kunjungannya ia dijadwalkan bertemu dengan President Abdel Fattah el-Sisi dan rekan sejawatnya Sameh Shoukry.

Kementerian Luar Negeri Mesir menunda lawatan Nunes Ferreira, dengan mengutip masalah-masalah agenda para pejabat senior, kata kementerian itu.

Baca juga: OIC Kecam Brasil Terkait Rencana Pemindahkan Kedutaan Besar ke Yerrusalem

Tetapi sumber-sumber kementerian itu, yang meminta tak disebutkan namanya karena isu tersebut sensitif, mengatakan belum ada jadwal baru diusulkan, yang mengisyaratkan ketakpuasan Mesir terhadap rencana Jail Bolsonaro yang baru terpilih sebagai presiden Brazil.

Kedutaan besar Mesir di Brasilia tidak segera memberi tanggapan atas permintaan untuk memberikan komentar.

Janji Bolsonaro untuk memindahkan kedutaan Brazil di Israel ke Jerusalem dari Tel Aviv mengikuti langkah serupa oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Mei, setelah ia mengakui kota itu sebagai ibu kota Israel. Pihak Palestina juga mengklaimnya sebagai ibu kota mereka.

Baca juga: Presiden Baru Brasil Bersiap Ikuti Jejak AS Pindahkan Kantor Kedubes ke Yerusalem

Langkah AS memicu kemarahan khususnya di Timur Tengah karena sebagian besar negara memandang status Jerusalem sebagai kota suci bagi kaum Muslim, Kristen dan Yahudi hendaknya ditentukan dalam penyelesaian perdamaian akhir antara Palestina dan Israel.

Janji Bolsonaro mematahkan kebijakan luar negeri Brazil yang sduah lama dianut mendukung solusi dua negara atas konflik tersebut.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More