Forgot Password Register

Presiden Jokowi Sanjung Kabupaten Boyolali, Kenapa?

Presiden Jokowi Sanjung Kabupaten Boyolali, Kenapa? Presiden Jokowi saat membuka acara Hakordia (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan Kabupaten Boyolali sebagai daerah ranking pertama dalam pencegahan tindak pidana korupsi dan sistem pelaksanaan birokrasi yang baik. Sementara pada tingkat provinsi terdapat DKI Jakarta dan Jawa Tengah. 

"Saya ditunjukkan ketua KPK mengenai beberapa provinsi yang baik dalam menerapkan, monitoring pencegahan dan sistem-sistem pelaksanaan birokrasi yang baik. Rankingnya saya lihat kalau provinsi ada DKI Jakarta, Jawa Tengah. Kalau Kabupaten saya lihat Boyolali. Nomor satunya Kabupaten Boyolali," kata Jokowi saat menghadiri acara Hari Anti Korupsi Sedunia di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2018). 

Baca juga: KPK Klaim Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Tumbuh Pesat

Jokowi berkeinginan ketiga daerah itu kemudian menjadi contoh terhadap Kota/Kabupaten maupun provinsi lainnya. 

"Saya ingin sebetulnya memang ada contoh satu kabupaten, contoh kota, contoh provinsi, contoh satu kementerian yang betul-betul kita garap habis sistem kerjanya, sistem pelayanannya, kecepatan perizinannya. Satu-satu kita jadikan dan yang lain suruh copy," ucapnya. 

Baca juga: Kata Presiden Jokowi Soal Insiden Penembakan di Kabupaten Nduga Papua

Langkah itu dinilai Jokowi bisa mempercepat pembangunan birokrasi setiap daerah. 

"Kita ini kan senangnya paling gampang dan paling cepat adalah mencontoh, memfotokopi, kita paling pinter di situ. Jadi kalau kita buat contohnya satu satu satu, kementerian satu, lembaga satu, satu kota, kan cepat sekali," tambahnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More