Forgot Password Register

Presiden Korsel: Pertemuan Kim-Trump Awal Sejarah Dunia

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. (Foto: Reuters) Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan begitu bergarap KTT Donald Trump dengan Kim Jong Un berjalan dengan lancar hingga menghasilkan kesepakatan bersama. 

"Hubungan bermusuhan, yang mengakar kuat, dan masalah nuklir Korea Utara tidak dapat diselesaikan dalam satu tindakan tunggal dalam pertemuan para pemimpin. Bahkan, setelah kedua pemimpin itu membuka dialog, kita akan membutuhkan proses panjang, yang mungkin memakan waktu satu tahun, dua tahun atau bahkan lebih lama untuk menyelesaikan masalah sepenuhnya," kata Presiden Moon Jae-in dalam pertemuan mingguan dengan para pembantu utamanya, yang diadakan di kantornya, Cheong Wa Dae.

"Saya menekankan fakta bahwa kita memerlukan upaya tulus dari Korea Selatan, Korea Utara dan Amerika Serikat serta kerja sama berkelanjutan dari negara terkait lain sampai kami menyelesaikan proses itu," kata Moon dalam pertemuan tersebut, kata laporan Cheong Wa Dae. 

Baca juga: Soal Pertemuan dengan Trump, Putin: Tergantung Kesiapan AS dan Jadwal Kerja Saya!

Pernyataan Moon itu disampaikan satu hari sebelum Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dijadwalkan mengadakan pertemuan di Singapura. Presiden Korea Selatan mengatakan bahwa dia yakin bahwa KTT Korut-AS itu sukses.

"Presiden Trump telah menunjukkan kemauan kerasnya untuk menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara dan membangun perdamaian di Semenanjung Korea melalui tindakan praktisnya. Kim Jong-un, di sisi lain, telah menunjukkan upayanya untuk keberhasilan KTT dan kesediaan untuk denuklirisasi melalui langkah-langkah pendahuluan yang berani, termasuk pembongkaran situs uji nuklir Punggye-ri," ujar Moon.

"Saya memiliki perkiraan dan harapan bahwa KTT besok akan sukses," tambahnya.

Baca juga: Disemprot Kanada Saat KTT G7, Donald Trump: Kami Balas Juli Nanti!

Share :
Komentar :

Terkait

Read More