Forgot Password Register

Promosi Asian Games 2018 Bakal Kalahkan Piala Dunia 2018

Erick Thohir. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)) Erick Thohir. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra))

Pantau.com - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) tengah mengatur strategi promosi untuk menggencarkan sosialisasi perhelatan tersebut. Hal itu dilakukan agar tidak kalah bersaing dengan Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Moskow, Rusia, pada 14 Juni-15 Juli.

"Cabang olahraga sepakbola tentu nomor satu dan sangat mendunia. Promosi Asian Games tidak mungkin berbenturan dengan Piala Dunia. Kami akan menggencarkan promosi pada 15 Juli hingga 15 Agustus," kata Ketua INASGOC Erick Thohir di Jakarta, Kamis.

INASGOC sempat melakukan promosi pada 2017 lalu. Namun, sempat berhenti karena ada SEA Games yang berlangsung di Malaysia. Lantas, strategi serupa juga akan dilakukan seusai Piala Dunia 2018 berakhir. Menurut Erick, pihak harus mengatur strategi promosi Asian Games menyusul efisiensi anggaran penyelenggaraan.

Baca Juga: Pantau Foto: Usai Kenakan Jaket 'Ala Dilan', Begini Cara Jokowi Promosikan Asian Games 2018

"Kami mulai mempromosikan Asian Games terutama ketika penghitungan mundur pada Agustus 2017. Lalu, promosi berhenti saat penyelenggaraan SEA Games 2017. Kami kembali berpromosi lagi setelah SEA Games selesai," tambahnya.

Selain Piala Dunia, INASGOC juga menghadapi dua kegiatan nasional yang menjadi pesaing promosi Asian Games 2018 yaitu mudik lebaran dan Pemilihan Kepala Daerah.

"Kami bekerjasama dengan badan-badan usaha milik negara dan Kementerian Perhubungan agar maskot Asian Games dapat ditempatkan di titik-titik para pemudik," ujar Erick tentang strategi INASGOC agar tidak kalah dari Piala Dunia.

Baca Juga: Berkaca dari Sejarah, Erick Thohir Pede Asian Games 2018 Berjalan Sukses

Erick juga mengaku terbantu dalam promosi Asian Games oleh para sponsor Asian Games seperti Pocari dan Indofood. "Tapi, promosi Asian Games tidak akan ada artinya tanpa partisipasi masyarakat," tambahnya lagi.

Deputi II Bidang Administrasi Pertandingan INASGOC, Francis Wanandi, mengatakan biaya promosi Asian Games di seluruh Indonesia yang meliputi iklan media massa (on air) serta kegiatan kampanye (off air) mencapai Rp500-Rp600 miliar.

"Tentu iklan komersial di televisi menjadi promosi yang paling efektif untuk menyentuh kesadaran masyarakat tentang Asian Games,"pungkas Francis.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More