Forgot Password Register

Proyek Infrastruktur Asian Games 2018 Telah Berjalan 93 Persen

Wisma Atlet di Kemayoran. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto) Wisma Atlet di Kemayoran. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Pantau.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mengklaim pengerjaan renovasi ataupun pembangunan arena-arena pertandingan serta nonpertandingan Asian Games 2018 telah mencapai 93 persen. Mengingat pesta olahraga se- Asia itu bakal berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Perkembangan seluruh arena baik di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan, mencapai 93 persen dan akan selesai paling akhir pada 30 Juni," kata Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Jakarta, Rabu 9 Mei 2018.

Baca Juga: Tinjau Wisma Atlet Kemayoran, Jokowi Ungkap Satu Permintaan

Iwan mengatakan pengerjaan arena perlombaan perahu kano cabang dayung di Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan selesai pada Mei, termasuk arena perlombaan cabang jetski dan perahu layar di kawasan Ancol, Jakarta.

"Untuk arena cabang squash di komplek Gelora Bung Karno, progres pembangunan telah mencapai 40 persen. Komponen terbesar pembangunan adalah 'cubicle' yang akan datang pada Selasa 15 Mei," tambah Iwan.

Renovasi sejumlah stadion sepakbola di Jawa Barat yang akan dipakai dalam Asian Games seperti Stadion Pakansari dan Stadion Patriot, akan selesai pada akhir Mei.

"Pengerjaan renovasi stadion sepakbola di Jawa Barat tinggal pencahayaan dan pemasangan kursi. Waktu pemasangan bisa mencapai dua pekan. Sementara, pengerjaan arena sepatu roda di kawasan Jakabaring, Palembang, sudah hampir 50 persen. "Federasi 'roller skate' juga menunggu di sana. Saya kira kerja sama itu luar biasa," ujarnya.

Ia mengatakan akses jalan menuju arena lomba balap sepeda BMX di Subang, Jawa Barat, akan dikerjakan oleh pemerintah daerah. "Mungkin mereka akan mengerjakan setelah Lebaran karena kalau sekarang jalan itu masih sering dilalui truk-truk pasir," katanya.

Kementerian PUPR, menurut Iwan, juga akan segera menyelesaikan renovasi Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah sebelum Lebaran 2018. "Renovasi itu hanya tinggal bagian luarnya saja seperti gapura,"tuntasnya.

Baca Juga: Usai Test Event Asian Games 2018, Indonesia Segera Lakukan Evaluasi

Share :
Komentar :

Terkait

Read More