Pantau Flash
Korsel Kucurkan USD74 Juta Garap Sistem Antidrone Antisipasi Ulah Korut
Menteri Energi Arab Saudi Targetkan Produksi Minyak Pulih Akhir September
Hindari Asap Karhutla, Satwa Liar Banyak Masuk ke Permukiman Warga
Karhutla di Indonesia Diprediksi hingga Akhir September
Data: Tren Penggunaan Robot pada Industri Indonesia Naik

PSM Makassar Berharap Proses Naturalisasi Marc Klok Cepat Selesai

PSM Makassar Berharap Proses Naturalisasi Marc Klok Cepat Selesai Marc Klok. (Foto: Pantau.com/Anugerah Ali Rizky)

Pantau.com - CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, mengatakan saat ini proses naturalisasi salah satu pemain andalannya, Marc Klok tengah berjalan. Dia pun berharap proses naturalisasi penggawa 25 tahun tersebut bisa segera selesai.

Munafri mengatakan saat ini berkas naturalisasi Klok sudah masuk ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu akan dinaturalisasi lewat jalur keluarga.

Ya, Klok memang memiliki secuil darah Indonesia dari kakek buyutnya yang lahir di Makassar. Oleh karena itu, Juku Eja mencoba untuk memanfaatkannya dalam proses naturalisasi.

"Proses naturalisasi (Klok) masih dalam proses. Mudah-mudahan bisa cepat selesai," kata Munafri saat ditemui di Bogor, beberapa waktu lalu.

"Saat ini berkas-berkas sudah masuk di Kemenkumham. Kita meminta (naturalisasi) karena usianya masih muda dan ada silsilah orang Indonesia. Ya mudah-mudahan bisa dilakukan. Kalau permohonan kita diterima, kita akan lenjut kalau tidak kita mundur," sambung Munafri.

Baca Juga: Pantau Sorot: Tekad Marc Anthony Klok Jadi WNI

Jika proses naturalisasi Klok selesai, Munafri menambahkan, PSM kemungkinan besar akan mendatangkan satu pemain asing lagi untuk mengarungi Liga 1 2019. Mengingat, PSSI memang menerapkan regulasi kuota pemain asing tiga plus satu. Artinya, setiap klub berhak mendatangkan tiga pemain asing dari negara manapun serta satu dari Asia.

"Kami coba akan melihat. Kemungkinan kami akan menambah pemain," ucap Munafri.

PSM sejauh ini memang sudah memiliki empat pemain asing yakni Klok, Aaron Evans, Wilem Jan Pluim, serta Eero Markkanen. 

Kabar naturalisasi Klok memang sudah berhembus sejak beberapa waktu silam. Ternyata, sang pemain pun menyambut baik keingnan pihak klub untuk melakukan naturalisasi.

Klok mengaku sangat mencintai Indonesia meski baru 2 tahun menginjakkan kakinya di Tanah Air. Bahkan, dia sampai rela pergi ke universitas untuk memelajari bahasa Indonesia.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Reza Saputra
Category
Olahraga