Forgot Password Register

Punya Ciri Khas, Promosi Batik Lokal Untuk Lebaran Jadi Moment Pas

Seorang model memperagakan busana batik  (Foto:Antara/Prasetia Fauzani) Seorang model memperagakan busana batik (Foto:Antara/Prasetia Fauzani)

Pantau.com - Hari raya lebaran bisa menjadi momentum untuk mempromosikan batik lokal, kata Pengamat Budaya, Bambang Widodo.

"Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat busana muslim berbahan dasar batik dengan corak khas batik lokal," katanya di Purwokerto, Rabu (16/5/2018).

Baca juga: Catat! Ini Event Belanja Ramadan yang Bikin Mupeng

Upaya tersebut, menurutnya juga bisa dilakukan oleh para perajin batik lokal yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Batik Banyumas ini memiliki motif yang sangat unik dengan warna-warni alam atau kecokelatan yang sangat khas. Sangat menarik bila dibuat desain busana muslim menyambut Lebaran, akan berkesan mewah," katanya.

Untuk itu, ia mengajak para perajin batik lokal yang ada di Banyumas untuk memanfaatkan momentum Lebaran 2018 meningkatkan kreatifitas sekaligus berperan serta dalam mempromosikan batik lokal.

"Perajin batik secara responsif dapat menyambut kehadiran momen lebaran dengan membuat baju-baju siap pakai berbahan batik yang unik dan menarik," katanya.

Baca juga: Mau Beli Parsel Lebaran? Perhatikan Hal Ini Supaya Nggak Kecewa

Sementara itu, dia menambahkan bahwa pemerintah daerah perlu berperan aktif dalam upaya mendorong perajin batik memanfaatkan momentum Lebaran.

"Misalkan, pemerintah daerah bisa mendorong para perajin batik yang punya ruang pajang untuk menyiapkan baju-baju batik siap pakai untuk menyambut Lebaran," katanya.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah bisa ikut mempromosikan melalui website atau media sosial lainnya.

"Selain itu, pemerintah daerah juga bisa ikut memasarkan langsung melalui perusahaan daerah dan dekranasda," ujarnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More