Forgot Password Register

Punya Distrik Halal Bisa Tambah Ekspor RI hingga Rp155 Triliun

Punya Distrik Halal Bisa Tambah Ekspor RI hingga Rp155 Triliun Stand baju di Halal Park (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membuka Moslem District Destination, Halal Park yang akan menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. 

Salah satu pengusaha yang bergelut di industri modest fashion yang juga CEO Hijup, Diajeng Lestari mengungkapkan, ekspor industri halal diproyeksikan dapat bertambah hingga USD5,1 miliar mencapai USD11 miliar atau Rp155 triliun lebih.

"Ekspor additional-nya dari distrik ini diharapkan ada tambahan ekspor halal itu menambaah sekitar USD5,1 miliar-USD11 bilion annually, yang sekarang USD7,6 miliar ekspor, itu Indonesia," ujarnya saat ditemui usai pembukaan Miniatur Halal Park di Jl. Pintu Satu Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2019).

Baca juga: Sah! Jokowi Resmikan Miniatur Halal Park dengan Investasi Rp250 Miliar

Selain itu, industri halaljuga diproyeksikan dapat menambah lapangan kerja hingga 330 ribu pekerjaan baru. 

"Additional job-nya, tambahan lapangan kerjanya sekitar 170 ribu sampai 330 ribu pekerjaan baru dan akan impor subtitusionnya sekitar USD 500 milion," katanya.

Perkembangan industri ini, juga diharapkan bisa memingkatkan penanaman modal asing langsung (Foreign Direct Invesment).

"Plus adanya increase FDI, harapannya dengan pertumbuhan ekonomi halal ini," katanya.

Untuk diketahui, tahun 2020 diproyeksikan wisatawan muslim mencapai untuk industri halal mencapai 158 juta orang. Sehingga jumlah yang tinggi ini diharapkan dapat dapat menjadi peluang bagi industri halal indonesia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More