Forgot Password Register

Ramadan Jadi Berkah Untuk Penjual Kurma

Ramadan Jadi Berkah Untuk Penjual Kurma Buah Kurma (Foto:Pixabay)

Pantau.com - Permintaan kurma pada saat bulan ramadan biasanya naik hingga 100 persen bahkan lebih. Dibeberapa wilayah kota yang biasanya menjual kurma biasnya kebanjiran orderan. 

"Permintaan naik sampai 100 persen pada bulan ramadan. Sehari penjualannya untuk satu jenis bisa sampai 100-150 kilogram. Kalau total bisa sampai 1 ton per hari," katanya  Ali Joban, penjual kurma di Pasar Kliwon Solo, Rabu (16/5/2018).

Meski demikian, dikatakannya, harga kurma mengalami penurunan karena stok melimpah. Selain itu, dikatakannya, pada tahun ini makin banyak jenis kurma yang masuk ke Indonesia.

"Kalau yang saya jual ada delapan jenis, di antaranya kurma Madinnah, Tunisia, Mesir, dan kurma Nabi," ungkapnya.

Baca juga: Menperin Sebut Defisit Neraca Perdagangan Imbas dari Impor Bahan Baku

Ia mengatakan penurunan harga terjadi pada hampir semua jenis kurma, salah satunya kurma Golden yang harganya Rp35.000 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram. Ia mengatakan sejauh ini permintaan paling tinggi yaitu kurma Golden.

"Selain harganya terjangkau, rasanya juga enak. Kalau yang paling mahal kurma Nabi, harganya Rp325.000 per kilogram. Permintaan untuk kurma ini tidak terlalu banyak, hanya sekitar 20 kilo per hari," katanya.

Senada, penjual kurma lainnya, Didin mengatakan kenaikan penjualan kurma biasanya terjadi pada bulan Ramadhan, bahkan kenaikannya cukup signifikan.

Baca juga: Wow! Selama Puasa, Baznas Targetkan Himpun Dana Rp3 Triliun

"Kalau normalnya hanya 70 kilogram, sedangkan pada saat Ramadhan meningkat sampai 200 kilogram per hari," katanya.

Ia mengatakan untuk jenis kurma yang paling diminati konsumen yaitu kurma tangkai dengan harga Rp100.000 per kilogram.

"Ukurannya cukup besar, daging kurmanya juga pulen, jadi banyak yang suka," pungkasnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More