Forgot Password Register

Redakan Ketegangan, India-Pakistan Sepakat Gencatan Senjata

Redakan Ketegangan, India-Pakistan Sepakat Gencatan Senjata Ilustrasi tempat bekas perang di perbatasan. (Foto: Reuters/Alaa al Faqir)

Pantau.com - Sayap media militer Pakistan, Hubungan Masyarakat Antar-Layanan (ISPR) mengatakan pihaknya dengan pejabat senior militer India sepakat untuk meredakan ketegangan di sepanjang perbatasan mengingat penderitaan warga sipil yang tinggal di kedua pihak,

Kesepakatan tersebut dicapai di tengah meningkatnya penembakan lintas-perbatasan dalam beberapa hari belakangan sehingga merenggut korban jiwa di kedua pihak, kebanyakan warga sipil.

Baca juga: Angin Kencang Terjang Myanmar, 500 Rumah Hancur

Kontak khusus langsung dibuat antara Operasi Militer Direktur Umum India dan Pakistan (DGMOs) pada Selasa dan mereka mengkaji situasi di lapangan di sepanjang Jalur Pemantauan (LoC) serta perbatasan kerja.

"Mereka juga saling sepakat untuk melancarkan langkah tulus guna meningkatkan situasi yang ada guna menjamin perdamaian dan menghindari kesulitan warga sipil di sepanjang perbatasan," bunyi pernyataan ISPR.

"Kedua DGMOs sepakat untuk sepenuhnya dan segera melaksanakan kesepahaman gencatan senjata 2003 dalam kata-kata dan semangat dan selanjutnya menjamin gencatan senjata takkan dilanggar oleh kedua pihak," katanya.

Baca juga: Sikap Rusia Pasca Roman Abramovic Pilih Kewarganegaraan Israel

Kedua DGMOs juga sepakat bahwa dalam kasus munculnya masalah, penahanan diri akan dilakukan dan masalah akan diselesaikan melalui pemanfaatan mekanisme kontak langsung yang ada dan pertemuan penjaga perbatasan di tingkat komandan lokal.

Pakistan dan India mengumumkan gencatan senjata pada 2003 di sepanjang LoC dan Perbatasan Kerja. Namun, kedua negara secara rutin saling-tuduh mengenai pelanggaran gencatan senjata.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More