Forgot Password Register

Headlines

Rembesan Gula Rafinasi Ada di Pasaran, Kita Harus Bisa Bedakan Nih

Rembesan Gula Rafinasi Ada di Pasaran, Kita Harus Bisa Bedakan Nih Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan bersama Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri berhasil mengungkap tindak pidana penyalahgunaan distribusi gula rafinasi di wilayah Pulau Jawa.

Sobat Pantau sudah tahu belum apa itu gula rafinasi?

Gula rafinasi, berasal dari gula mentah yang melalui proses pemurnian. Dimana gula mentah yang belum melalui proses pemurnian

Gula rafinasi (bahasa Inggris: refined sugar) atau gula kristal putih adalah gula mentah yang telah mengalami proses pemurnian untuk menghilangkan molase sehingga gula rafinasi berwarna lebih putih dibandingkan gula mentah yang lebih berwarna kecokelatan.

Baca juga: Millennials Pasti Sering Keliru, Deretan Merek Sepatu ini Asli Indonesia Lho

Gula mentah atau gula kristal mentah adalah sukrosa yang dibuat dari tebu atau bit melalui proses defikasi yang tidak dapat langsung dikonsumsi sebelum melalui proses pemurnian untuk menghasilkan gula rafinasi atau gula kristal putih.

Gula rafinasi banyak digunakan untuk kebutuhan industri karena mutu gula rafinasi lebih tinggi (dengan ICUMSA di bawah 300) dibanding gula mentah (dengan ICUMSA di atas 1.500). 

Tingkat kemurnian gula yang berkaitan dengan warna gula, dinyatakan dengan standar bilangan ICUMSA (International Commission for Uniform Methods of Sugar Analysis), bilangan ICUMSA yang semakin kecil menunjukan tingkat kemurnian gula yang semakin tinggi.  Dan perlu kalian tahu, bahwa Indonesia hingga kini harus mengimpor gula ini. 

Baca juga: Robot Jadi News Anchor, Perusahaan Televisi Mungkin Bisa Hemat Gaji Presenter

Nah karena saat ini sudah ada penemuan, sobat Pantau juga juga harus pintar nih bedakan gula raginasi itu. Cirinya yakni; tampilannya cerah, putih bersih, dan kristalnya lebih kecil lembut. Gula jenis ini umumnya dipakai pada industri makanan, minuman, dan farmasi. 

Sementara gula kristal putih (GKP) adalah gula yang berasal dari tebu murni dengan kadar ICUMSA 200-300. Tinggi kadar ICUMSA GKP karena disebabkan faktor pengolahan yang belum maksimal. Kendati demikian GKP dapat dikonsumsi langsung tanpa harus diolah seperti gula rafinasi. Ciri khas gula GKP ditunjukkan dengan tampilannya yang agak kecoklatan dan memiliki butiran kristal agak kasar. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More