Forgot Password Register

Resmi! Cabor Menembak Asian Para Games 2018 Digelar di GBK

Raja Sapta Oktohari. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra) Raja Sapta Oktohari. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com - Permasalahan mengenai venue cabang olahraga (cabor) menembak di ajang Asian Para Games 2018 akhirnya selesai.

Ketua Umum (Ketum) Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INASPOG), Raja Sapta Oktohari mengatakan cabor menembak akan berlangsung di Lapangan Tembak Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Venue menembak memang sempat menjadi polemik jelang berlangsungnya Asian Para Games Oktober mendatang. INAPGOC yang sejak awal mencanangkan GBK sebagai terbentur dengan keadaan venue yang tidak memungkinkan untuk atlet disabilitas.

Baca Juga: INASGOC Akan Lakukan 'Sterilisasi' Sponsor Ilegal di Asian Games 2018

Atlet disabilitas yang akan bertanding diharuskan naik ke lantai dua di mana area menembak tersedia. Dengan tidak adanya jalur khusus disabilitas, maka venue tersebut awalnya tidak mungkin untuk digunakan.

Di satu sisi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) juga tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan renovasi. Pasalnya, waktu penyelenggaraan yang hanya tinggal lima bulan membuat KemenPUPR merasa tidak mungkin untuk melakukan renovasi.

Usulan pun muncul dengan memindahkan venue menembak ke Jakabaring, Palembang. Namun, hal tersebut juga tidak bisa dilakukan karena terhalang Instruksi Presiden (Inpres) yang menyatakan Asian Para Games 2018 hanya berlangsung di Jakarta.

“Mengenai Venue hari ini kita telah rapat yg dipimpim oleh pak Sesmenpora (Gatot S Dewabroto). Hasilnya, venue menembak akan diadakan di Lapangan Tembak Perbakin GBK dan akan menggunakan dana INAPGOC untuk renovasi,” ujar Okto saat ditemui di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Baca juga: INASGOC Siap Penuhi Permintaan Jokowi soal Publikasi Asian Games

Okto menambahkan, pihaknya akan menyiapkan dana sekira Rp3 miliar untuk melakukan renovasi Lapangan Tembak GBK serta beberapa venue yang masih butuh penyesuaian.

Selain itu, Okto juga optimis renovasi venue menembak bisa selesai sebelum pembukaan Asian Para Games 2018. Pasalnya, ia menjelaskan renovasi yang dilakukan hanya bersifat temporer dengan menggunakan lantai 1 Lapangan Tembak GBK.

“Paling 2-3 bulan untuk renovasi. Karena kami hanya renovasi temporer saja. Jadi kami akan menggunakan lantai 1 Lapangan Tembak GBK untuk venue nanti,” jelas Okto. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More