Forgot Password Register

Resmi, Cacing Latih Timnas Basket Indonesia

Resmi, Cacing Latih Timnas Basket Indonesia Wahyu Widayat Jati latih Timnas Basket Indonesia. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi) resmi keluarkan surat keputusan (SK) untuk pelatih tim nasional basket Indonesia. Wahyu Widayat Jati dipastikan akan menukangi timnas untuk persiapan SEA Games 2019.

Pelatih yang akrab disapa Cacing tersebut menggantikan posisi pelatih tim nasional basket putra Indoesia yang sebelumnya dipegang Fictor Roring. Namun pelatih yang akrab disapa Ito itu memutuskan mundur dari kursi kepelatihan karena ingin lebih fokus bersama Pelita Jaya.

Penunjukan Wahyu Widayat Jati sebagai pelatih Timnas Basket Putra Indonesia sendiri bukan tanpa alasan, seperti diketahui bahwa kinerja Cacing selama IBL 2018/2019 bisa dinilai sangat impresif.

Wahyu mampu meningkatkan level NSH Jakarta di IBL musim ini. Di tangan pria berusia 42 tahun itu, Andre Rorimapandey dan kolega untuk pertama kalinya berhasil lolos ke babak play-off IBL, bahkan mencapai babak semifinal.

Manajer Timnas, Fareza Tamrella menyampaikan jika surat keputusan untuk pelatih dan pemain timnas Basket Indonesia telah keluar hari ini Jumat (12/4/2019). Surat keputusan tersebut pun untuk persiapan jelang turnamen multievent SEA Games 2019 yang akan digelar di Filipina November-Desember 2019 mendatang.

Baca Juga: Coach Ito Mundur, Ini Calon Pelatih Tim Basket Putra

"Untuk perkembangan SEA Games, kita sudah keluarkan SK (surat keputusan) untuk memanggil pemain dan susunan kepelatihan untuk tahap satu ya," ujar Fareza saat dihubungi Pantau.com, Jumat (12/4/2019) malam.

Namun meski surat keputusan sudah keluar, Fareza mengatakan ada kemungkinan untuk mengubah surat keputusan tersebut, apabila pelatih ataupun pemain dinilai tidak berkomitmen ataupun performanya dinilai kurang. Tapi ia menegaskan jika kemungkinan tersebut kecil sekali.

Walaupun pada saat pemusatan latihan pertama yang dijadwalkan tanggal 10 Juni itu akan ada tahap seleksi satu untuk para pemain. Diawal akan ada 15 pemain yang dipanggil untuk mengikuti tahap satu tersebut.

"Jadi SK ini bisa kita ubah untuk setiap bulannya, sesuai dengan promosi degradasi, cuma itu nanti ya. Saat ini yang sudah perbasi keluarkan adalah SK penetapan tim kepelatihan dan pemain untuk seleksi tahap satu, yang akan dimulai 10 Juni," tambahnya.

"Kalau untuk semua masih bisa diubah. Dan kemungkinan diubah ada lah, cuma itu kan kalau artinya bener-benar tidak perform baru dirubah, tapi kan kemungkinan itu kan kecil lah terjadi. Dan kita juga percaya dengan Coach Wahyu (Widayat Jati), dan semoga timnas ini bisa meraih dan memberikan hasil yang lebih maksimal," tuntasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More