Forgot Password Register

Resmi Hirup Udara Bebas, Anwar Ibrahim Selangkah Lagi Jabat PM Malaysia

Anwar Ibrahim setelah bebas dari hukuman penjara. (Foto: Reuters/Lai Seng Sin) Anwar Ibrahim setelah bebas dari hukuman penjara. (Foto: Reuters/Lai Seng Sin)

Pantau.com - Reformis Anwar Ibrahim akhirnya bebas secara resmi setelah mendapatkan pengampunan penuh dari pihak kerajaan, Rabu (16/5/2018). Spekulasi kembalinya Anwar tentu tertuju untuk menggantikan PM terpilih Mahathir Mohamad.

Melansir AFP, Rabu (16/5/2018) pria berusia 70 tahun yang kharismatik itu secara pasti berhasil meyakinkan Raja Malaysia jika tuduhan sodomi yang menjebloskannya ke penjara selama tiga tahun adalah tidak benar.

"Reformasi," teriak Anwar. 

Baca juga: Cari Bukti Skandal 1MDB, Polisi Malaysia Geledah Apartemen Mewah Najib Razak

Kepada wartawan, Anwar telah memaafkan Mahathir (92). Sosok yang memenjarakannya dua dekade lalu. Namun dua nama yang mempunyai sejarah perang tersebut telah menjadi sekutui dalam menggulingkan Najib Razak. 

"Sekarang ada harapan baru untuk Malaysia. Saya harus berterima kasih kepada orang-orang Malaysia," kata Anwar, diapit oleh istrinya Wan Azizah Wan Ismail dan anggota lain dari partai politiknya.

"Seluruh spektrum orang Malaysia, tanpa memandang ras atau agama, telah berdiri dengan prinsip-prinsip demokrasi dan kebebasan. Mereka menuntut perubahan.

Baca juga: Mahathir Mohamad Akan Serahkan Jabatan PM Jika Anwar Ibrahim Bebas?

Sementara itu, Mahathir Mohamad mengatakan, ia akan menjalankan pemerintahan selama dua tahun ke depan. Selanjutkan, nahkoda akan diberikan kepada aktor reformasi Malaysia itu

Anwar mengatakan sejarahnya dengan Mahathir - yang memecat Anwar dan memenjarakannya pada tahun 1998 - adalah air di bawah jembatan, ketika mereka berbagi tujuan yang sama dalam mereformasi pemerintah dan membersihkan skandal korupsi besar-besaran yang melibatkan mantan perdana menteri Najib Razak.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More