Pantau Flash
BWF World Tour Finals 2019: Ginting Raih Runner-up
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Minggu Pagi
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019
Industri Fintech Lending Diharapkan Makin Sehat Tahun Depan
Menteri Pendidikan Malaysia Apresiasi Langkah Nadiem yang Hapus UN

Resmi! Timnas U-16 Indonesia Jadi Wakil Tunggal di Piala Asia U-16 2020

Resmi! Timnas U-16 Indonesia Jadi Wakil Tunggal di Piala Asia U-16 2020 Para pemain Timnas U-16 Indonesia lolos ke Piala Asia U-16 2020. (Foto: Antara)

Pantau.com - Tim nasional U-16 Indonesia menjadi wakil tunggal Asia Tenggara di Piala Asia U-16 2020 yang akan berlangsung di Bahrain. Tim Merah Putih bersama Yaman, Uzbekistan dan Oman melaju ke Piala Asia sebagai empat peringkat kedua terbaik selama fase kualifikasi.

Sementara 11 tim yang melaju ke Piala Asia U-16 sebagai juara grup yaitu Tajikistan (juara Grup A), India (Grup B), Iran (Grup C), Arab Saudi (Grup D), Qatar (Grup E), Uni Emirat Arab (Grup F), China (Grup G), Australia (Grup H), Korea Utara (Grup I), Jepang (Grup J) dan Korea Selatan (Grup K).

Tim terakhir yang akan berlaga di turnamen itu tentu saja sang tuan rumah Bahrain. Absennya negara-negara Asia Tenggara di Piala Asia U-16 2020 berbeda dengan situasi edisi sebelumnya.

Baca juga: PSSI Yakin Indonesia Bisa Keluar sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Pada tahun 2018, ada empat negara Asia Tenggara yang berkompetisi, yakni Malaysia sebagai tuan rumah, Thailand, Vietnam dan Indonesia. Indonesia ketika itu menjadi tim terbaik di antara keempat negara tersebut setelah berhasil melaju ke babak delapan besar. Lolosnya Indonesia ke Piala Asia U-16 2020 disambut gembira oleh PSSI.

"Tentu kita bersyukur atas hasil yang dicapai timnas U-16 Indonesia. Mereka sudah berjuang habis-habisan pada laga terakhir. Dengan lolos ke putaran final, persiapan tim harus lebih baik lagi," ujar Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Tim nasional U-16 yang dilatih Bima Sakti mencatatkan torehan apik di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Skuad berjuluk Garuda Asia itu tidak terkalahkan di Grup G kualifikasi, menang tiga kali dan imbang sekali dari empat laga. Mereka melesakkan 27 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Di pertandingan terakhirnya di fase grup yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 22 September 2019 malam, Indonesia menahan imbang China dengan skor 0-0. Selain itu, gelandang serang Indonesia Marselino Ferdinan juga berhasil menjadi pencetak gol terbanyak kedua di kualifikasi dengan tujuh gol, sama dengan Choe SongJin dari Korea Utara.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: