Forgot Password Register

Rini Ungkap Alasannya Kerap Bongkar Pasang Dirut BUMN

Menteri BUMN (tengah). (Foto:Antara) Menteri BUMN (tengah). (Foto:Antara)

Pantau.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan alasannya kerap kali mengganti Direktur Utama perusahaan-perusahaan BUMN.

"Sebetulnya fungsi Dirut BUMN itu lebih berat dari Dirut swasta. Dirut-dirut BUMN punya tugas ganda, bukan hanya mencetak keuntungan perusahaan tapi juga bisa gunakan fungsinya untuk kesejahteraan masyarakat, sebagai agen pembangunan," ujarnya di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (4/6/2018).

Baca juga: Ternyata Rencana Pembangunan Tol TransJawa Lebih dari 20 Tahun

Rini menjelaskan, tugas ganda tersebut yang membuatnya harus berulang kali melakukan perombakan Dirut di perusahaan BUMN. Ia menilai tugas sebagai Dirut BUMN dinilai lebih berat dibandingkan Dirut perusahaan swasta.

"(Dirut) yang di sini, yang di sana ganti-ganti lagi. Saya tekankan dirut di BUMN fungsinya ganda. Bukan hanya kabapilitas cetak keuntungan tapi sadari agen pembangunan. Ada yang  hanya kapabilitasnnya untuk keuntungan, tapi untuk kesejahteraan masyarakat enggak bisa. Itu tidak bisa (jadi dirut BUMN)," paparnya.

Baca juga: Meskipun Mundur, Menteri Rini: Sabar, Pokoknya Juli Kita Kuasai Freeport

Selain itu, kata Rini, dalam menjalankan bisnis meski perusahaan swasta juga memiliki tanggung jawab sosial namun pada dasarnya tidak memiliki kewajiban untuk memikirkan kondisi masyarakat miskin seperti yang harus dilakukan perusahaan BUMN.

"Dirut BUMN punya banyak tantangan, punya banyak aturan yang harus ditaati, jadi challengenya lebih besar," katanya.

Lebih lanjut ia meyakini, tugas ganda tersebut kedepannya dapat mengantarkan peran sebagai dirut BUMN bisa jadi memimpin bangsa. "Saya yakin, kalau makin ke depan dirut-dirut BUMN bisa betul-betul jadi pemimpin bangsa," pungkasnya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More