Forgot Password Register

Rupiah Terpuruk, DPR: Gubernur BI Malah ke Luar Negeri

Rupiah Terpuruk, DPR: Gubernur BI Malah ke Luar Negeri Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun (Foto:Antara/Dhemas Reviyanto)

Pantau.com - Anggota Komisi XI DPR Muhammad Misbakhun mengingatkan Gubernur Bank Indonesia (GBI) Agus Martowardojo untuk menjaga stabilitas kurs rupiah, karena kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat telah menembus angka Rp14.000.

"Pada situasi seperti ini, ternyata Gubernur BI malah melakukan serangkaian perjalanan ke luar negeri untuk waktu yang lama, dalam sisa masa jabatannya yang tinggal beberapa hari lagi," kata Mukhammad Misbakhun melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Bikin Stress, Ini Perubahan Hidup Kamu Jika Dolar 'Ngamuk'

Menurut Misbakhun, volatilitas nilai tukar rupiah saat ini sangat mengganggu stabilitas perekonomian nasional, sehingga BI harus segera mengambil langkah-langkah strategis untuk menguatkan nilai tukar rupiah yang mencerminkan kekuatan ekonomi nasional.

Namun, Misbakhun melihat, Agus Wartowardojo sebagai orang nomor satu dan paling bertanggung jawab atas stabilitas kurs rupiah justru tak kunjung bertindak.

"Sepertinya Pak Agus tidak ingin mewariskan nilai tukar rupiah yang kuat sebagai legacy jabatannya sebagai Gubernur Bank Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Mahal Karena Dolar Naik, Yakin THR Anda Buat Beli Gawai?

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan Agus Marto yang tinggal beberapa hari mejabat di kursi Gubernur BI untuk segera pulang ke Indonesia dan membereskan gejolak rupiah.

"Saya meminta Gubernur Bank Indonesia segera pulang untuk mengurus nilai tukar rupiah yang terus melemah ini," tegasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More