Forgot Password Register

Rupiah Terus Melemah, Jokowi: Urusan Kurs Ini Hampir Semua Negara

Presiden Joko Widodo Dalam Acara Musrenbangnas, Senin (30/4/2018) (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika) Presiden Joko Widodo Dalam Acara Musrenbangnas, Senin (30/4/2018) (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Presiden RI Joko Widodo menanggapi tren pelemahan rupiah yang terjadi di Indonesia. Ia mengatakan saat ini fundamental ekonomi Indonesia berada dalam kondisi yang baik.

"Saya yakin bahwa fundamental ekonomi kita ini baik, ada growth, pertumbuhan inflasi juga bisa kita kendalikan kurang lebih 3,5 persen, cash flow kita juga masih baik, defisit neraca kita juga semakin baik, artinya fundamental makro kita baik," ujarnya saat jumpa pers usai acara Musrenbangnas di Hotel Grand Syahid, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018).

Baca juga: Mengungkap Rekaman Pembicaraan Rini Soemarno dan Sofyan Basir

Ia juga menilai bahwa pelemahan mata uang terjadi di hampir semua negara, bukan hanya Indonesia. Menurutnya, hal tersebut dampak dari gejolak ekonomi global, terutama Amerika Serikat.

"Supaya kita tahu semuanya, bahwa urusan kurs ini hampir semua negara. Fenomena pasar global yang semua negara juga mengalami. Semua negara juga sedang bergejolak kursnya kena dampak dari kebijakan-kebijakan terutama kenaikan suku bunga di AS," ungkapnya.

Baca juga: Viral Soal Percakapan Bagi-Bagi Fee, Rini Pasrah

Pihaknya mengaku tak bisa mengintervensi kebijakan moneter karena merupakan tugas Bank Indonesia.

"Pemerintah tidak akan intervensi urusan moneter, karena ini kebijakannya ada di BI," paparnya.

Ia juga mengelak jika rupiah disebut mengkhawatirkan, padahal perekonomian Indonesia saat ini dalam kondisi baik. Pihaknya mengaku akan terus menjaga kestabilan ekonomi Indonesia.

"Tadi saya sampaikan bahwa fundamental makro kita baik dan semua negara mengalami. Kita akan terus menjaga," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More