Forgot Password Register

Rusia: AS Akan Bantu Tentara Pembebasan Suriah Lakukan Serangan Kimia

Rusia: AS Akan Bantu Tentara Pembebasan Suriah Lakukan Serangan Kimia Ilustrasi pemeriksaan senjata kimia. (Foto: Reuters/Hannah McKay)

Pantau.com - Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayjen Igor Konashenkov mengatakan, gerilyawan Tentara Pembebasan Suriah telah membawa tabung klorin ke pemukiman Deir ez-Zor untuk melakukan serangan kimia terhadap warga sipil.

"Menurut informasi yang diterima melalui tiga saluran independen di Suriah, komando yang disebut sebagai tentara Suriah yang dibantu pasukan operasi khusus AS sedang mempersiapkan provokasi serius dengan penggunaan zat beracun di provinsi Deir ez-Zor," kata Konashenkov seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (12/6/2018).

Baca juga: Soal Pertemuan dengan Trump, Putin: Tergantung Kesiapan AS dan Jadwal Kerja Saya!

Kementerian itu mencatat bahwa video penggunaan zat kimia akan menjadi alasan bagi serangan koalisi AS pada lembaga pemerintah Suriah.

"Video serangan, setelah disebarluaskan di media barat, harus menjadi alasan baru bagi koalisi pimpinan AS untuk melakukan serangan rudal terhadap objek-objek negara Suriah dan untuk membenarkan serangan militan terhadap pasukan pemerintah Suriah di timur Euphrates," ucapnya.

Kementerian Pertahanan Rusia memperingatkan bahwa penggunaan provokasi semacam itu untuk mengguncang situasi di Suriah tidak dapat diterima, ia menekankan.

Baca juga: Iran Sebut AS Tidak 'Gentle' Soal Kesepakatan Nuklir, Ini Tanggapan China

Pada bulan April, AS, Inggris dan Perancis meluncurkan serangan udara terhadap Suriah yang menuduh Damaskus melakukan serangan kimia di kota Douma.

Pemerintah Suriah dan Rusia telah menyatakan jika kelompok Helmet Putih yang didanai AS dan Inggris telah mengarang cerita soal serangan kimia tersebut. Pernyataan itu juga digunakan untuk mendorong intervensi militer Barat.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More