Forgot Password Register

Rusuh Mako Brimob, Polisi: 4 Anggota Tewas Luka Bacok di Leher, 1 Ditembak di Kepala

Rusuh Mako Brimob, Polisi: 4 Anggota Tewas Luka Bacok di Leher, 1 Ditembak di Kepala Konpers polisi di Mako Brimob (Foto: Pantau.com/Sahat Amos Dio)

Pantau.com - Polisi membeberkan penyebab tewasnya lima anggotanya dalam bentrokan yang terjadi di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa, 8 Mei 2018.

Menurut Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi M Iqbal, kebanyakan korban tewas akibat luka senjata tajam di bagian leher.

"Dari lima rekan kami yang gugur, mayoritas luka akibat senjata tajam di leher. Dan luka itu sangat dalam. Ada juga satu orang luka di kepala akibat tembakan," kata M Iqbal saat jumpa pers di Direktorat Satwa Baharkam Polri, Kelapa Dua, Depok, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Kerusuhan di Mako Brimob

M Iqbal menuturkan, luka yang dialami anggotanya tak hanya di leher. Namun hampir di sekujur tubuh. Meski begitu, hingga kini polisi masih mengusahakan tindakan persuasif dalam bernegosiasi dengan para narapidana itu.

Hal itu dimaksudkan untuk menghormati hak asasi manusia dan meminimalisir jatuhnya korban lanjutan.

"Juga ada luka di dada kanan. Mayoritas rekan kami yang gugur luka pada sekujur tubuh, paha, lengan, jari, akibat senjata tajam. Silakan rekan-rekan media menyimpulkan apakah ini perbuatan manusiawi atau tidak. Tapi sekali lagi kami menghortmati proses negosiasi yang kami ke depankan," kata Iqbal.

Baca juga: Polisi: 5 Anggota dan 1 Napi Teroris Tewas dalam Kerusuhan Mako Brimob

Tindakan sadis para narapidana tak hanya sampai di situ. Polisi juga menuturkan jika ada anggotanya yang mengalami luka bacok di leher belakang dan tembakan. "Ada satu anggota yang lukanya macam-macam, ada yang kakinya disayat," katanya.

Sebelumnya, kerusuhan terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa malam 8 Mei 2018. Kerusuhan itu diduga akibat tahanan yang mengamuk dan berusaha merebut senjata api milik petugas. 

Akibatnya, lima anggota polisi dan seorang narapidana tewas.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More