Pantau Flash
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor
13 Aliran Kepercayaan Sesat Tumbuh di Bekasi
PSSI Tak Tahu Keberadaan Simon McMenemy saat Ini

Sehatkah Remaja Konsumsi Kopi Susu Kekinian?

Sehatkah Remaja Konsumsi Kopi Susu Kekinian? Es kopi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Maraknya warung kopi kekinian, nampaknya menggeser stigma kalau minuman berkafein itu hanya kebiasaan orang dewasa, tapi juga jadi favorit para remaja.

Bahkan sebuah laporan dari National Coffee Association pada 2017 menyebutkan bahwa persentase orang Amerika berusia 13 hingga 18 yang minum kopi setiap hari telah meningkat menjadi 37 persen, menandai peningkatan 14 poin persentase sejak 2014.

Sejumlah penelitian terdahulu telah mengungkapkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kematian dini. Penelitian juga menemukan bahwa kopi mengandung beberapa senyawa antioksidan, termasuk polifenol, yang memiliki efek anti-inflamasi yang sehat.

Tapi, perlu perhatian juga kalau beberapa minuman kopi kekinian saat ini tidak hanya sekadar kopi. Gula adalah bahan utama dalam latte dan cappuccino yang digemari remaja.

Baca juga: Intip Nih Asupan Ideal Mengkonsumsi Kopi Dalam Sehari

Kandungan gula pada kopi kekinian itu kebanyakan lebih dari 25 gram per hari. Jumlah itu melebih yang disarankan oleh American Heart Association untuk orang yang berusia 18 tahun ke bawah.

Para pakar kesehatan mempelajari efek samping yang ditimbulkan dari gula. Mereka mengatakan bahwa konsumsi gula berlebih, meningkatkan risiko anak muda untuk obesitas dan diabetes.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bahwa anak-anak berusia 12 hingga 18 tahun mengonsumsi tidak lebih dari 100 mg kafein per hari, yaitu sekitar jumlah dalam 8 ons.

“Kami melakukan penelitian pada anak-anak dan kafein selama satu dekade. Kami menemukan bahwa dalam kisaran apa yang biasanya dikonsumsi, mulai dari satu kaleng soda hingga beberapa cangkir kopi, tampaknya tidak memiliki efek buruk,” kata Jennifer Temple, seorang profesor dan direktur Laboratorium Penelitian Nutrisi dan Kesehatan di Universitas Buffalo seperti yang dikutip dari Time.

Baca juga: Girls... 5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Ini Wajib Kamu Coba! 

Temple menambahkan bahwa kafein yang dikonsumsi di sore atau malam hari dapat mengganggu pola tidur remaja. 

“Kebutuhan tidur anak lebih besar daripada kebutuhan orang dewasa. Dan mereka membutuhkan tidur untuk pertumbuhan yang sehat dan kinerja akademis,” katanya.

“Anak-anak tidak perlu kafein,” lanjut Temple. “Tapi apakah itu berbahaya? Jika orang muda tidur nyenyak, mungkin tidak. Namun, tidak semua penelitian tentang anak-anak menyimpulkan bahwa kafein itu tidak berbahaya," ucapnya.

Perlu juga dicatat bagi para orang tua yang memiliki anak remaja yang hobi minum kopi kekinian, sebaiknya berikan bimbingan dan pengertian kepada mereka akan manfaat serta risiko yang berpotensi merusak tubuh. 

Tim Pantau
Sumber Berita
Time.com
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam