Forgot Password Register

Sekutu AS Tegaskan Dukungan Penuh Terhadap Palestina

Presiden Mesir Abdel-Fattah As-Sisi . (Foto: Reuters/Charles Platiau) Presiden Mesir Abdel-Fattah As-Sisi . (Foto: Reuters/Charles Platiau)

Pantau.com - Juru Bicara Presiden Mesir Abdel-Fattah As-Sisi, Bassam Rady menekankan kepada Wakil Presiden AS Mike Pence, negaranya akan selalu mendukung Palestina.

Menurutnya, dukungan Mesir bagi hak rakyat Palestina sejalan dengan resolusi sah internasional.

As-Sisi juga menegaskan hubungan strategis yang mengikat Mesir dengan Amerika Serikat, dan mempertimbangkan itu sebagai salah satu pilar kestabilan di Wilayah Timur Tengah.

Baca juga: Pangeran William Akan Kunjungi Palestina dan Israel, Ada Apa?

Presiden Mesir tersebut juga mengatakan ia mengharapkan hubungan lebih jauh seperti hubungan dengan cara yang bisa mewujudkan kepentingan timbal-balik terutama berkaitan dengan pemulihan keamanan di wilayah itu.

Rady melanjutkan, Pence menyampaikan keinginan negerinya untuk meningkatkan dan mendorong kerja sama strategis dalam memelihara keamanan dan kestabilan Wilayah Timur Tengah

Ia mengungkapkan Pence telah memuji peran yang dimainkan Mesir dalam meredakan ketegangan di Jalur Gaza selain upayanya untuk mewujudkan perujukan nasional Palestina.

Baca juga: Palestina: Pemukiman Israel di Perbatasan Gaza Langgar Keabsahan Internasional

Pada 14 Mei, Amerika Serikat memindahkan Kedutaan Besarnya di Israel dari Tel Aviv ke kota sengketa Jerusalem, enam bulan setelah Presiden AS Donald Trump mengakui kota itu sebagai ibu kota Israel.

As-Sisi mengatakan tindakan semacam itu akan memiliki dampak negatif pada masalah Palestina.

Mesir menerima bantuan militer tahunan USD1,3 miliar AS, sejak Mesir menandatangani kesepakatan perdamaian yang ditaja AS pada 1979 dengan Israel. Hal itu menjadikan Mesir sebagai sekutu regional nomor satu AS dan penerima bantuan terbesar AS.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More