Forgot Password Register

Selain Freeport, Ini Pentingnya Indonesia Bagi Amerika

Selain Freeport, Ini Pentingnya Indonesia Bagi Amerika Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr (kanan) dan Duta Besar Amerika Serikat untuk misi ke ASEAN Piper Campbell (kiri) memotong kue bersama dalam perayaaan Hari Kemerdekaan Amerika S

Pantau.com -Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Amerika Serikat memandang Indonesia sebagai negara penting sehingga hubungan kemitraan strategis kedua negara harus dijaga.

"Amerika Serikat adalah 'partner' strategis Indonesia dalam kerja sama ekonomi, pendidikan, kontra terorisme dan kerja sama maritim. Dan Indonesia sudah pula memainkan perannya dengan baik karena Amerika Serikat memandang Indonesia sebagai negara penting di kawasan untuk menjaga stabilitas berkat pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan juga stabilitas politiknya," kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/7/2018).

Baca juga: Ini Jajaran CEO yang Meninggal Tragis, No 6 Buat Geger Indonesia

Ia juga mengungkapkan visi antara Amerika Serikat dan Indonesia tidak jauh berbeda dalam hal peningkatan kerja sama, khususnya dalam bidang maritim di antaranya kerja sama bilateral mengenai perang terhadap "illegal fishing", masalah lingkungan dan juga sama-sama menghormati hukum internasional yang berlaku.

"Perang terhadap 'illegal fishing' itu sangat penting agar masyarakat bisa menikmati lebih hasil lautnya," tambahnya.

Sementara itu, Dubes Amerika Serikat Joseph R. Donovan menyatakan apresiasi dan penghargaannya kepada pemerintah Republik Indonesia dalam perayaan hari kemerdekaan negaranya dan juga perayaan 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Amerika Serikat.

Baca juga: Cari Kerja? Ayo Serbu Jobfair di Sini...

"Kemitraan antara Indonesia dan Amerika Serikat sangat spesial karena kemitraan kita langsung di jantung Asia Pasifik," katanya.

Joseph juga menuturkan, kepentingan bersama Indonesia dan Amerika Serikat memungkinkan untuk bekerja sama dalam berbagai area seperti investasi dan pendidikan.

Dia juga menegaskan kesuksesan pertumbuhan Indonesia dipandang sangat penting untuk meningkatkan hubungan kemitraan tahun-tahun mendatang.

"Kami akan pastikan, tahun-tahun ke depan kita akan lebih meningkatkan lagi kemitraan kita dengan Indonesia," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More