Forgot Password Register

Headlines

Semakin Melemah, Rupiah Tembus Rp14.175 per Dolar AS

Ilustrasi (Pixabay) Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Meskipun Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga acuan beberapa hari lalu, hinga kini nilai tukar rupiah justru makin terpuruk.

Pagi ini, rupiah makin melemah ke level Rp14.175 per dolar Amerika Serikat. Padahal pada akhir pekan lalu, rupiah berada di posisi Rp14.133 per dolar AS.

Sebelumnya, Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Gunawan mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak akan mencapai Rp15.000 per dolar AS sampai akhir tahun ini.

Menurut Anton, rupiah justru akan menguat pada akhir 2018 dan kembali berada di bawah Rp14.000 per dolar AS.

"Akhir tahun, rupiah masih bisa menguat lagi di bawah Rp14.000 walau sekarang sangat krusial karena seasonality sehingga sekarang hampir Rp14.100. Tapi kita tidak perkirakan akan sampai ke Rp15.000 kecuali ada kesalahan 'policy' atau sesuatu yang sangat signifikan di luar kontrol," ujar Anton.

Baca juga: Ekonom Ini Yakin Pelemahan Rupiah Tak Capai Rp15.000

Ekonom senior tersebut memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada akhir tahun akan mencapai kisaran Rp13.800 per dolar AS.

Ia menjelaskan, depresiasi rupiah yang terjadi belakangan ini tidak lepas dari faktor musiman dimana pada kuartal kedua terjadi peningkatan permintaan dolar untuk pembayaran dividen oleh perusahaan-perusahaan terbuka.

Pada semester kedua, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan akan kembali normal sesuai dengan fundamentalnya.

"Yang sifatnya seasonal ini terjadi di kuartal kedua tahun ini, kalau ini mulai normal lagi pressure terhadap rupiah akan normal lagi," ujarnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More