Forgot Password Register

Sempat Turun, Harga Ayam Kembali Naik di Pasaran

Ayam potong ras segar (Foto:Pantau.com/Fery Heryadi) Ayam potong ras segar (Foto:Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Puasa memasuki pekan kedua, sejumlah bahan pangan di pasar mulai mengalami kenaikan. Dari harga ayam, telur dan tepung terus mengalami kenaikkan.

Daftar dari info pangan memperlihatkan, harga ayam yang sebelumnya tidak ada kenaikan diawal ramadhan, sekarang Rp36.175 per ekor. Sementara telur ayam Rp26.093 per kilogram dan telur terigu mulai naik Rp11 jadi Rp7.558 per kilogram. 

Baca juga: Lebaran Masih Lama, Bahan Kue Mulai Naik

Sedangkan, cabe kriting yang terbilang mengalami penurunan Rp36.755 per kilogram, justru mengalami kenaikan di pasar Kota Ambon Rp45.000 per kilogram.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan Batu Merah, Senin, para pedagang mematok harga cabai keriting Rp45.000, atau bergerak naik dari sebelumnya Rp40.000 per kilogram eceran Rp10.000 per tumpuk.

Sedangkan cabai rawit masih normal dan bervariasi mulai dari Rp30.000 hingga Rp35.000 per kilogram, dan eceran Rp5.000 per cupa (satu cupa ukuran kaleng susu kental manis 390 gram).

"Yang naik sekarang ini cabai keriting, kalau cabai rawit masih normal-normal saja sebab stok cukup banyak," kata Baltasar, salah satu pegadang.

Baca juga: Mau Belanja Baju Muslim di Tanah Abang? Ini Daftar Harga Terbarunya

Padahal sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang telah menambah pasokan pangan selama ramadan hingga Idul Fitri akan ditingkatkan hingga 20 persen dari hari-hari biasa.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga komoditas pangan saat hari besar agama.

"Ayam, telur, kami dengar ada kenaikan (harga) sedikit, kami langsung undang mitra produsen, tak ada alasan ini naik karena kita sudah over suplai. Cabai, bawang, daging, telur, minyak goreng, tak ada alasan naik karena stok kita siapkan 20 persen (lebih) dari kebutuhan hari biasa," katanya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More