Pantau Flash
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri
Catat! Ada Denda Rp300 Ribu Jika Anda ‘Ngasal’ Kendarai GrabWheels

Senin Pekan Depan DPR Sahkan 5 Pimpinan Baru KPK dalam Rapat Paripurna

Senin Pekan Depan DPR Sahkan 5 Pimpinan Baru KPK dalam Rapat Paripurna Rapat Paripurna (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan, bahwa surat terkait pimpinan KPK terpilih yang baru saja ditetapkan oleh Komisi III melalui mekanisme voting sudah masuk ke meja pimpinan.

Fahri mengaku belum membaca surat tersebut, akan tetapi Fahri menegaskan bahwalima pimpinan KPK terpilih akan segera disahkan melalui Rapat Paripurna pada Senin 16 September 2019 pekan depan.

Baca Juga: Jokowi Pilih Percaya Pansel dan DPR Atas Terpilihnya Pimpinan Baru KPK

"Ya kami sudah mendengar surat, saya belum baca tapi saya mendengar dari Sekretariat DPR bahwa surat dari pimpinan Komisi III sudah masuk ke meja pimpinan dan mereka meminta agar hari Senin langsung diadakan pengesahan di paripurna," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Fahri mengungkapkan, pimpinan DPR akan melakukan rapat pimpinan terlebih dahulu sebelum akhirnya pimpinan KPK dibawa dalam rapat paripurna untuk disahkan.

"Jadi kami akan merapimkan kalau tidak hari ini ya berarti Senin pagi untuk penjadwalan. Tetapi kita sudah, tanggal 16 itu memang ada beberapa keperluan paripurna. Jadi sudah dijadwalkan jadi ya mudah-mudahan kalau tidak ada halangan hari Senin paripurna DPR akan mengesahkan pimpinan KPK yang terpilih lima orang," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi III di DPR RI akhirnya memilih lima nama Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Pimpinan KPK periode 2019-2023.

Baca Juga: Tok! Ini Dia 5 Nama Pimpinan Baru KPK 2019-2023

Kelima nama tersebut terpilih secara voting yang dihadiri oleh 56 anggota Komisi III dan setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper test) sejak 11 sampai 12 September 2019. Sementara mekanisme voting ini dilakukan layaknya proses pemilihan umum dimana masing-masing diberikan kertas suara dan dimasukan kedalam kotak suara.

Hasil ini baru diketahui pada pukul 00.55 WIB. Adapun lima nama capim terpilih adalah Nawawi, Lili Pintauli, Nurul Ghufron, Alexander Marwata, dan Firli Bahuri.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: