Forgot Password Register

Sepakat Denuklirisasi dengan Korsel, Kim Jong Un: Sejarah Baru Dimulai!

Sepakat Denuklirisasi dengan Korsel, Kim Jong Un: Sejarah Baru Dimulai! Presiden Korut Kim Jong Un (kiri) dan Presiden Korsel Moon Jae-in. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah melakukan pertemuan mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Seorang pejabat Korea Selatan Yoon Young-cha mengatakan, selain membahas denuklirisasi, perjanjian perdamaian juga akan dibicarakan pada pertemuan puncak Jumat pekan depan. 

Kedua belah pihak sedang menulis pernyataan bersama dan mereka akan mengumumkannya bersama ketika selesai, kata pejabat  dalam sebuah pengarahan.

Baca juga: Wow! Kim Jong Un Bawa Toilet Sendiri Bertemu Presiden Korsel, Alasannya Tak Diduga

Yoon menjelaskan, istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju, juga akan bergabung dengan Moon dan Kim untuk makan malam.

Sebelum melakukan pembahasan tersebut, kedua pemimpin bertemu di garis demarkasi Desa Panmunjom. Kehangatan tampak jelas pada wajah kedua pria itu.

Momen yang sangat kontras dengan ketegangan antara kedua negara tahun lalu di tengah uji coba senjata Korea Utara.

Namun, sejak Januari, ikatan telah mencair, termasuk membuat tim olahraga Olimpiade mereka berbaris bersama di bawah bendera umum pada pertandingan musim dingin Februari di Korea Selatan.

Baca juga: Pantau Foto: Pertemuan Bersejarah Dua Korea

Setelah berjalan bersama di sepanjang karpet merah oleh penjaga kehormatan Korea Selatan dengan pakaian tradisional biru, kuning dan merah, kedua pemimpin memasuki Gedung Perdamaian di sisi Selatan, di mana mereka diharapkan untuk membahas denuklirisasi dan pertukaran budaya.

Beberapa menit sebelum Kim memasuki Gedung Perdamaian, tim keamanan Korea Utara melakukan penyisiran mencari kemungkinan adanya bahan peledak maupun alat-alat penyadap, serta menyemprotkan disinfektan di udara, di kursi, dan di buku tamu yang harus ditandatangani oleh Kim.

Pesan yang ditulis Kim di buku tamu terdengar penuh harapan. "Sejarah baru dimulai sekarang. Era kedamaian, dari titik awal sejarah," tulis Kim.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More