Forgot Password Register

Sering Merasa Lelah saat Bangun di Pagi Hari? Ini Penyebabnya

Sering Merasa Lelah saat Bangun di Pagi Hari? Ini Penyebabnya Ilustrasi bangun tidur di pagi hari. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab utama kita terbangun dalam perasaan lelah. Namun ternyata, itu bukanlah satu-satunya hal yang bisa membuat perasaan lelah saat bangun tidur di pagi hari. 

Melansir Vemale.com, Sabtu (10/11/2018), Dr. Michael Decker, Ph.D, spesialis tidur dan profesor di Case Western School of Nursing mengatakan, rasa lelah selepas tidur bisa disebabkan oleh berbagai hal khususnya pikiran yang kurang nyaman. Berikut adalah berbagai kegiatan yang bisa memicu rasa lelah saat bangun di pagi hari.

Baca juga: Bahaya! Ini Penyebab Kenapa Makin Banyak Millenials Kena Hipertensi

Stres

Saat pikiran stres, depresi, atau bahkan berpikir keras, hal ini bisa memicu tubuh merasa sangat kelelahan saat bangun tidur. Seorang ahli kesehatan Dr. Naiman mengatakan, stres akan mengganggu kualitas tidur seseorang. Secara kasat mata, seseorang bisa saja terlihat sangat pulas dan nyaman saat tidur. Tapi yang sebenarnya, bisa saja seseorang ini tidak nyaman dan mengalami mimpi buruk selama tidur yang membuatnya merasa lelah saat bangun.

Nutrisi tidak terpenuhi

Nutrisi untuk tubuh yang tidak terpenuhi dengan baik bisa memicu seseorang sering kali merasa lelah selepas bangun tidur. Nutrisi yang tidak terpenuhi bisa mengakibatkan organ tubuh tidak bekerja dengan baik dan membuat tubuh mudah merasa lelah, lesu, serta lemah. Tak hanya lemah selepas bangun, rasa lelah juga bisa datang apa saja dan dalam kondisi apapun.

Baca juga: Jangan Kelamaan! Ini Waktu Ideal untuk Tidur Siang

Konsumsi obat tertentu

Spesialis tidur Dr. Beus mengungkapkan obat yang sering kali membuat tubuh merasa lelah selepas bangun tidur adalah obat nyeri, anti depresan, obat sakit jantung, tekanan darah tinggi juga diabetes. Dr. Hrayr Attarian, M.D seorang ahli saraf di Rumah Sakit Northwestern Memorial of Chicago, Illonis mengatakan, obat ini tak hanya membuat badan lelah selepas tidur saja. Lebih jauh, obat ini juga akan membuat pikiran menjadi kurang nyaman serta kesulitan tidur.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More