Forgot Password Register

Setara Gaji Karyawan Pertahun, Harga Iphone di India Jadi yang Termahal di Dunia

Setara Gaji Karyawan Pertahun, Harga Iphone di India Jadi yang Termahal di Dunia Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Mungkin banyak yang tak tahu bahwa harga smartphone di India tergolong paling mahal. Dikutip CNN, di India, sekitar 800 juta orang belum tersentuh internet. Dengan demikian pangsa pasar menilai, negara ini patut disusupi smartphone.

Negara ini adalah salah satu tempat termahal di dunia untuk membeli perangkat Apple, dengan tarif yang meningkat mendorong harga iPhone X menjadi $1.700 pada awal tahun ini atau kalau dirupiahkan senilai Rp25.236.075 (Kurs Rp14.844). Padahal di Indonesia, harga Iphone X hanya dipatok Rp16.000.000 untuk yang paling mahal.

Itu menempatkannya di luar jangkauan sebagian besar orang India, yang berpenghasilan kurang dari $2.000 setahun rata-rata (Rp29.695.500).

"Orang-orang bahkan tidak menghabiskan begitu banyak uang di TV dan barang-barang konsumen lainnya," kata Kaur dari IDC.

Baca juga: Dekat dengan Kehidupan Kita, Apakah Produk Amerika Ini akan Naik Harga?

Apple tahun lalu mulai memproduksi beberapa perangkat kelas bawah di sebuah pabrik di Bangalore untuk menghindari bea masuk yang besar dan kuat, tetapi model utamanya seperti iPhone X dan iPhone 8 masih dikirim dari luar negeri.

Sementara untuk produk Samsung dan Xiaomi, memproduksi lebih banyak. Sehingga keduanya mendominasi pasar smartphone di India.

Apple juga kalah di pasaran orang kaya di India, Pasalnya produk China OnePlus menjadi smartphone yang pemimpin dalam smartphone di kalangan orang kelas atas.

"Apple perlu tumbuh secepat segmen (itu)," kata Tarun Pathak, seorang analis di Counterpoint Research.

Ujung pasar India tumbuh sebesar 20% per tahun, Pathak menambahkan, dibandingkan dengan 13% secara global.

"India adalah pasar yang sangat penting," katanya.

Share :
Komentar :
bana budhiana

gede banget gajinye

Terkait

Read More