Forgot Password Register

Situs Stonehenge Terancam karena Pembangunan Terowongan

Situs Stonehenge Terancam karena Pembangunan Terowongan Ilustrasi situs warisan dunia Stonehenge. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebuah perusahaan pemerintah Inggris diduga telah merusak salah satu monumen paling ternama di dunia, dengan  membangun sebuah terowongan yang melalui lanskap tersebut.

Arkeolog telah menuduh Highways England telah melakukan pengeboran melalui situs Stonehenge yang dilaporkan berlangsung di dekat Blick Mead, sekitar setengah mil dari instalasi berusia 6.000 tahun tersebut.

Sebelumnya, pembangunan terowongan tersebut telah ditentang para ilmuan karena jaraknya yang terlalu pendek dan berada di situs warisan dunia. Situs itu juga penuh dengan monumen prasejarah, yang berusia lebih tua dari Stonehenge.

Arkeolog dari University of Buckingham mengkhawatirkan situs tersebut jika pembangunan dilanjutkan kedepannya. Ia mengatakan jika tetap dilakukan, situs asli tersebut dan bukti bahwa 'sapi raksasa' yang pernah hidup di tempat itu akan hancur.

Baca juga: Pertama di Dunia! China Buat Tanker yang Mampu Beroperasi di Musim Dingin

Juru bicara Highways England mengatakan bahwa pihaknya tidak menyadari setiap kerusakan yang disebabkan oleh lapisan tersebut. Pihaknya telah diberitahu Profesor David Jacques yang memonitor lokasi kami telah mematuhi pedoman dalam melaksanakan pekerjaan.

"Penilaian kami sejauh ini menunjukan bahwa pembangunan tersebut tidak memiliki efek yang signifikan pada daerah Blick Mead. Kami akan melakukan penyelidikan hidrogeologi oleh Profesor Jacques. Pekerjaan telah dilakukan dengan cara yang sangat profesional, dengan seorang arkeolog situs tersebut dan dengan perawatan yang dilaksanakan," ucapnya.

Seperti dilansir Sputnik, Kamis (6/12/2018), Blick Mead menjadi bagian dari warisan dunia situs Stonehengen dan Avebury UNESCO.

Baca juga: Spesies Baru Dinosaurus Prasejarah Ditemukan di Australia

Share :
Komentar :

Terkait

Read More