Forgot Password Register

Soal Gencatan Senjata di Gaza, Israel: Sikap Hamas Tentukan Nasibnya Sendiri

Soal Gencatan Senjata di Gaza, Israel: Sikap Hamas Tentukan Nasibnya Sendiri Menteri Pendidikan Israel Naftali Bennett. (Foto: Reuters//Ammar Awad)

Pantau.com - Israel membantah telah sepakat akan melakukan gencatan senjata dengan pejuang Palestina di Perbatasan Gaza. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendidikan Naftali Bennett.

"Kami belum mencapai kesepakatan apapun dengan Hamas, bahkan perjanjian tak resmi sekalipun," kata Bennet.

"Kami akan bertindak sesuai dengan kepentingan kami. Tindakan Hamas yang akan menentukan nasibnya sendiri."

Sementara itu, Menteri Intelijen Israel Katz juga mengatakan hal yang serupa. Gencatan senjata di perbatsasn Gaza akan tercapai jika pejuang Hamas tak melakukan aksi provokasi terhadap warga Palestina. "Semuanya sekarang tergantung pada Hamas," katanya.

Baca juga: Hamas: Kelompok Bersenjata Palestina Setuju Gencatan Senjata dengan Israel

Otoritas penyiaran Israel yang mengutip seorang politikus senior menyebutkan, ISrael siap untuk menahan serangan.  "Israel tidak akan melepaskan tembakan, namun akan merespons serangan apapun dengan tegas."

"Israel telah menyampaikan pesan yang jelas kepada Hamas bahwa jika roket terus-menerus diluncurkan dari Gaza, maka kami akan meningkatkan operasi kami ke Hamas dan organisasi lainnya," ujar pejabat Israel lainnya.

Sebelumnya, Gerakan Islamis Hamas yang dominan di Gaza mengatakan, kelompok-kelompok bersenjata Palestina di Gaza telah menyetujui gencatan senjata selama Israel juga berhenti mengintimidasi, setelah pertempuran yang paling intens sejak perang tahun 2014.

Melansir Reuters, menyusul belasan peluncuran roket dan mortir ke Israel sepanjang Selasa. Serta serangan tank dan udara Israel di Gaza. Namun. tidak ada laporan kekerasan lebih dari dua jam setelah pengumuman gencatan senjata oleh Hamas.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More