Forgot Password Register

Soal Pendeta Andrew Brunson, Benarkah Ada ‘Win-win Solution’ antara Turki dan AS

Soal Pendeta Andrew Brunson, Benarkah Ada ‘Win-win Solution’ antara Turki dan AS Pastor Andrew Brunson. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Amerika Serikat dan Turki telah mencapai kesepakatan rahasia untuk membebaskan pendeta evangelis Amerika Andrew Brunson dalam beberapa hari mendatang.

Melansir Sputnik, Jumat (12/10/2018), menurut sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Brunson akan dibebaskan setelah Turki menjatuhkan dakwaan pada hari ini.

Baca juga: Erdogan: AS Gunakan Isu Pastor Brunson untuk Berikan Sanksi Turki

Sebagai gantinya, AS dilaporkan setuju untuk mengurangi tekanan ekonomi pada Turki. Namun, berdasarkan laporan NBC, tak ada rincian jelas terkait kesepakatan itu.

Departemen Luar Negeri AS mengomentari laporan tersebut, dengan mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui kesepakatan tersebut.

"Saya tidak tahu ada kesepakatan seperti yang dilaporkan oleh NBC News," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert kepada wartawan.

Para pejabat Kedutaan AS di Turki telah membantu Brunson dalam kasusnya. Departemen Luar Negeri akan mengawasi sidang Brunson.

Baca juga: Nasib Pastor yang Bikin Tensi Turki-AS Meingkat Segera Diputus Pengadilan

Kedutaan Turki di Washington, DC, belum menanggapi pemberitaan terkait kesepakatan yang tidak dijelaskan secara rinci itu.

Sekadar informasi, Pemerintah Turki menuduh Brunson membantu kelompok teroris dalam upaya kudeta 2016. Kendati, tuduhan tersebut telah dibantah oleh Brunson dan AS. Brunson dihadapkan pada hukuman 35 tahun penjara jika terbukti bersalah oleh pengadilan Turki.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More