Forgot Password Register

Headlines

Viral Sikap Hormat Jokowi di KPU, PDIP: Tak Perlu Dibesarkan, Presiden Juga Manusia

Pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2019 (Foto: Antara/ Sigid Kurniawan) Pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2019 (Foto: Antara/ Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Hormat Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) pada saat menyanyikan lagu Indonesia Raya di acara pengundian dan penetapan nomor urut di KPU menjadi viral. Hormat Jokowi itu dinilai sebagian orang melanggar aturan.

Menanggapi hal itu, Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari menilai hal itu sangat wajar dilakukan. Menurutnya, karena saking semangat dan serta harunya membuat Jokowi tak sadar kalo dirinya sedang hormat.

"Pak Jokowi yang lain juga pastinya saking semangat dan terharu pastinya sampai keliru menghormat," ucap Eva saat dihubungi Pantau.com, Sabtu (22/9/2018).

Baca juga: Fadli Zon Pertanyakan Sikap Jokowi Lakukan Hormat Saat Lagu Indonesia Raya

Eva kemudian mengungkapkan, bahwa dirinya pun pernah melakukan hal yang sama ketika menghadiri upacara hari kemerdekaan di Istana negara. Bahkan, menurutnya ia tak sendiri para tamu yang hadir saat itu pun memberikan hormat.

"Aku juga gitu di upacara 17an di istana kemarin padahal lagi pakai kain dan kebaya. Tapi bukan hanya aku, banyak ibu dan bapak yang lain di blok VVIP juga gitu," ungkapnya.

Ia menilai tak ada kerugian atau pun hal negatif lainnya dari apa yang dilakukan mantan Walikota Surakarta itu pada saat acara pengundian nomor urut di KPU Jumat malam kemarin.

"Tidak ada kerugian, kerusakan jadi kesalahan minor apalagi kemarin bukan upacara bendera walau acara resmi," tegasnya.

Kendati begitu, ia pun tak menampik jika apa yang dilakukan Jokowi dianggap melanggar aturan. Tapi ia kembali menegaskan, bahwa hal tersebut dirasanya tak perlu dibesar-besarkan karena menurutnya tak ada kerugian dengan apa yang dilakukan Presiden ke-7 RI tersebut.

Baca juga: Dapat Nomor 1 di Pilpres, Jokowi: Yang Diperebutkan Memang RI 1

"Bisa dibetulin melanggar, tapi tidak ada kerusakan dan kerugian. Tidak perlu digedein, presiden juga manusia yang bikin kesalahan," pungkasnya.

Sekadar informasi, sikap hormat Jokowi saat lagu Indonesia Raya berkumandang itu terjadi dalam acara pengundian nomor urut capres-cawapres di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat, 21 September 2018. Sedangkan capres Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan Ma'ruf Amin hanya berdiri tegak.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More