Forgot Password Register

Sosiolog Sarankan Tak Euforia Berlebih Menanggapi Hasil Pilkada Jatim

Sosiolog Sarankan Tak Euforia Berlebih Menanggapi Hasil Pilkada Jatim Hasil di TPS Khofifah (Foto: Pantau.com/Willa Wildayanti)

Pantau.com - Pengamat sosiolog politik asal Universitas Negeri Surabaya Agus Mahfudz Fauzi menyarankan sejumlah pihak menghindari perasaan gembira yang berlebihan atau euforia usai Pilkada Jawa Timur 2018.

"Siapa pun pemenangnya, ini adalah kemenangan milik warga Jatim. Saran saya, tidak perlu bereuforia terhadap hasil Pilkada Jatim," ujar Agus Mahfudz Fauzi ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Minggu, 8 Juli 2018.

Baca juga: Prabowo Keukeuh Sudrajat-Syaikhu Menang di Pilgub Jabar

Agus sangat yakin dua pasangan calon maupun tim sukses mempunyai kemampuan untuk mengendalikan massa masing-masing sehingga tidak terjadi pergesekan yang mengarah kepada konflik. Selain itu, aparat keamanan dari kepolisian maupun TNI serta tim gabungan telah merancang dan melaksanakan pengamanan yang baik.

"Suasana yang aman dan damai usai proses penghitungan ini harus diapresiasi. Pasangan calon dan tim sukses memiliki kemampuan mengendalikan dan aparat menjalankan tugasnya dengan baik, termasuk masyarakat yang semakin dewasa," ucapnya.

Baca juga: KPU Tetapkan Pasangan RIndu Juara Pilgub Jabar

Terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara di KPU Jawa Timur merupakan puncak rekapitulasi, Agus Mahfudz menilai hasilnya sudah diketahui dan selesai.

Jika masih ada pihak yang belum bisa menerima, lanjut dia, maka regulasi memberikan hak konstitusional untuk diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sesuai hasil rekapitulasi, KPU Jatim menyatakan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai pemenang Pilkada Jatim 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More