Forgot Password Register

Sri Mulyani Klaim Sudah Cairkan Rp15,47 Triliun Dana THR

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Menteri Keuangan mencatat data Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil yang telah dibayarkan hingga Selasa sore (5/6/2018) mencapai senilai Rp 9,19 triliun atau sebesar 83,4 persen.

"Seluruh dana THR ini untuk PNS sudah masuk di rekening pegawai yang bersangkutan. 83,4 persen dari proyek atau sebesar Rp 9,19 triliun yaitu 33.370 SPM Surat Perintah Membayar," ujarnya saat jumpa pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jl. Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Selasa malam (5/6/2018).

Baca juga: Menilik Pewaris Gurita Bisnis Chairul Tanjung

Ia menambahkan, THR sampai dengan selasa sore untuk satuan kerja yang telah menyampaikan SPM nya adalah sebanyak 14.527 dari 15.171 satker yang meng-handle masalah belanja pegawai. jadi realsisiasi 95.76 persen dari satker yang sudah menyampaikan surat  perintah membayar.

"SPM ini diajukan ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negera) sebanyak 33.370 dan sudah diteliti dan diterbitkan surat perintah untuk membayarnya sebesar Rp 9,19 triliun yaitu 83.4 persen dari poryeksi total THR PNS yang akan kita bayar pada bulan ini, Minggu ini," paparnya.

Sementara untuk Pensiunan, Polisi dan TNI pembayaran telah mencapai Rp 6,277 triliun atau sebesar 94,14 persen. Jumlah tersebut dibayarkan melalui PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) dan Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri).

"Jadi ini seluruh PNS Polri, TNI dan pensiun sudah hampir keseluruhannya mendapatkan dan masuk rekening mereka masing masing. Itu update jam 3 sore tadi," ungkapnya.

Baca juga: Tak Paham Sistem Transfer, Penjual Online Shop Ini Malah 'Perang'

Sementara untuk pemerintah daerah, saat ini jumlah daerah yang sudah bayar THR pada 5 Juni adalah 200 daerah terdiri dari 202 kabupaten dan 48 kota dan 19 provinsi. 

Namun yang sudah dibayarkan dengan komponen gaji pokok dan tunjangan melekat atau diluar TPP (Tunjangan Profesi Pendidik) dan penghasilan bulan Mei take home pay baru 166 daerah.

"Yang sudah dibayarkan seperti policy nya yang kami sampaikan sebanyak 166 daerah 13 Provinsi, 29 Kota dan 124 Kabupaten. Daerah yang belum, kami sedang melakukan pendataan mengenai siapa-siapa yang melakukan, tahap apa, tetap masih sedang dilakukan oleh Dirjen Perimbangan Keuangan," pungkasnya

Share :
Komentar :

Terkait

Read More