Forgot Password Register

Stok Melimpah, Kenapa Harga Beras Tak Kunjung Turun?

Stok Melimpah, Kenapa Harga Beras Tak Kunjung Turun? Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, menjelang bulan ramadan stok beras dinilai masih aman. Ia menyatakan stok beras yang tersedia di Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) saat ini lebih dari 1 juta ton.

"Stok Bulog sendiri lebih dari 1 juta dan sekarang pengadaan yang kemarin 17 ribu ton per hari bahkan 22 ribu ton," ujarnya saat ditemui di Gedung Perum Bulog, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Bikin Stress, Ini Perubahan Hidup Kamu Jika Dolar 'Ngamuk'

Selain itu, stok beras yang ada di pasaran saat ini juga dinilainya aman. Menurutnya saat ini bahkan stok beras dinilai cukup tinggi karena masih berada di bawah permintaan.

"Melihat di lapangan pertama serapan Bulog stabil bahkan cukup tinggi, kedua suplai masuk cipinang 41 ribu ton hari ini. Kalau standarnya itu 25 ribu ton, artinya beras di atas standar, sehingga aman," ungkapnya.

Baca juga: Dolar Naik, Makan Daging Makin Mahal

Lebih lanjut, pihaknya akan terus mengevaluasi terkait harga yang berkembang di pasaran. Sebab ia menilai harga yang beredar saat ini tidak sesuai dengan stok yang dinilainya cukup tinggi.

"Dulu kita berkesimpulan bahwa kalau stok Cipinang banyak harga stabil. Kalau suplai Cipinang rendah, harga tinggi. Pertanyaan, setelah semua dilampaui, harga belum juga turun, hipotesa awal, menambah stok, menambah suplai, menurunkan harga (supply-demand). Tapi kenyataan berbeda, suplai meningkat 3 kali lipat, harga cenderung konstan," ungkapnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More