Pantau Flash
Jokowi kepada Seluruh Kementerian: Belanjakan DIPA 2020 Secepat-cepatnya
Timnas U-22 Indonesia Terancam Tanpa Pemain Senior di SEA Games 2019
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor

Studi: Bayangan Makhluk yang Sebabkan 'Ketindihan' Tergantung Kepercayaan

Studi: Bayangan Makhluk yang Sebabkan 'Ketindihan' Tergantung Kepercayaan Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jika seseorang mengalami 'ketindihan' saat tidur, orang kerap mengaitkan dengan gangguan makhluk halus. Uniknya, ternyata bayangan mengenai sosok makhluk yang menyebabkan ketindihan memiliki hubungan erat dengan latar belakang budaya seseorang.

Temuan itu berdasarkan hasil analisis yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Psychiatry pada November 2017.

"Semisal pasien dengan latar belakang Muslim sering berkata kepada saya bahwa mereka melihat 'ketindihan' sebagai bukti bahwa mereka dihantui oleh jin, roh tak terlihat yang diciptakan oleh Allah dari api tanpa asap," kata Dr Jan Diri Blom seperti dikutip pantau.com dari Livescience pada Kamis (19/9/2019).

Baca juga: 'Ketindihan' Sering Dikaitkan dengan Hal Mistis, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Namun, tidak selalu makhluk khayalan dalam fenomena ini mengerikan. "Saya baru saja berbicara dengan seorang gadis berusia 15 tahun yang sehat yang telah mengalami fenomena 'ketindihan'. Dia menemukan empat penguin mini yang makan di meja di dadanya, dan merasa lebih senang dan geli daripada takut," ujar Blom.

Selain gangguan makhluk, 'ketindihan' juga kerap membuat orang yang mengalaminya khawatir dengan kematian mendadak. Namun, hal tersebut masih sulit dijelaskan sampai sekarang.

"Orang yang pernah mengalami 'ketindihan' sering melaporkan memiliki tingkat kata Blom. Banyak dari mereka menyampaikan bahwa mereka benar-benar akan mati ketika ketindihan, meskipun mereka tidak tahu apakah hal itu pernah terjadi atau tidak," katanya.

Tim Pantau
Editor
Lilis Varwati
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam