Forgot Password Register

Headlines

Suku Bunga Naik, Beli Rumah Makin Susah?

Suku Bunga Naik, Beli Rumah Makin Susah? Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 14-15 November 2018 memutuskan untuk menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 6,00%. 

Sekedar informasi, sejak awal tahun Bank Indonesia (BI) sudah menaikkan suku bunga acuan sebesar 175 basis poin.

Dikutip Rumah.com, keputusan tersebut sebagai langkah lanjutan Bank Indonesia dalam memperkuat upaya menurunkan defisit transaksi berjalan ke dalam batas aman. Kenaikan suku bunga kebijakan juga untuk memperkuat daya tarik aset keuangan domestik, dengan mengantisipasi kenaikan suku bunga global dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Bisnis (Nyaris) Bangkrut, Marvel Diselamatkan 'Superheronya'

Menyikapi perubahan suku bunga acuan ini, Asmat Amin selaku Managing Director PT Sri Pertiwi Sejati (SPS Group) mengatakan bahwa pemerintah dalam hal ini BI tidak punya pilihan.

"Pemerintah tidak punya choice, karena kalau tidak naik khawatir akan semakin berat dengan kondisi dolar yang masih fluktuatif,” katanya.

SPS Grou telah membangunan rumah subsidi dari saat ini mencapai 70 persen. Produk perumahan bersubsidi yang dua bulan lalu dibesut pengembang adalah Grand Cikarang City 2 dengan total 20.000 unit.

Baca juga: Jokowi Sebut akan Ada Unicorn Baru di Indonesia

Setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, pemukiman, dan infrastruktur wajib dilakukan Andalalin atau Analisis Dampak Lalu Lintas. 

Berat Bagi Rumah Rp500 Juta

Masih menanggapi pertanyaan atas kenaikan suku bunga acuan BI yang terbaru, Asmat memperkirakan hal ini akan semakin memberatkan properti segmen menengah.

"Kalau di bawah Rp500 juta mudah-mudahan masih aman. Sedangkan di atas Rp500 juga sudah berat, apalagi di atas Rp1 miliar itu berat banget. Kesimpulannya, bagi bisnis properti non-subsidi ini akan cukup menantang," katanya.

Demi menyiasati hal ini, pengembang akan melansir beberapa taktik agar penjualan tetap terjaga. Demikian juga terhadap tercapainya target akhir tahun.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More