Forgot Password Register

Sulit Berkonsentrasi? Cobalah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Sulit Berkonsentrasi? Cobalah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Minum kopi di pagi hari biasa dilakukan banyak orang sebelum beraktivitas. Namun, ada waktu lain untuk menikmati kopi yang tidak kalah bermanfaat, yakni sebelum tidur siang.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Psychophysiology, caffeine nap  atau coffee nap  terbukti sebagai metode yang efektif untuk mengisi ulang energi.

Pada studi tersebut, partisipan diberikan tugas untuk mengemudi melalui simulator dan diberikan tiga pilihan untuk meningkatkan tingkat responsif mereka.

Baca juga: Tips Mudah Bikin Sushi, Pakai Cetakan Es Batu

Satu grup diberikan kopi sebelum mengemudi simulator, grup lainnya diizinkan tidur sebentar selama 15 menit, sementara grup terakhir diberikan kopi dan waktu untuk tidur siang. Lalu mereka diharuskan mengemudi simulator pada siang hari, ketika tingkat kewaspadaan menurun.

Hasilnya menunjukkan, bahwa pada kelompok yang hanya mengonsumsi kafein, rasa kantuk berkurang secara signifikan. Namun pada kelompok yang mengonsumsi kafein dan tidur siang, rasa kantuk telah hilang secara keseluruhan.

"Ketika kopi dikonsumsi, kafein akan diserap dan mempengaruhi sistem saraf dalam waktu 30 menit," kata Dr Kereem Bortecen dari NYC Surgical Associates seperti dilansir dari Men's Health.

Baca juga: Tak Hanya Lezat, Popcorn Ternyata Camilan yang Menyehatkan

"Sedangkan kopi yang dikonsumsi sebelum tidur siang akan menaikkan energi selama seharian sampai kafein tersebut dicerna," tambahnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More