Forgot Password Register

Sungai Cuaca Meluap, Kolombia Keluarga Peringatan Darurat

Sungai Cuaca Meluap, Kolombia Keluarga Peringatan Darurat Ilustrasi banjir. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemerintah Departemen Antioquia di Kolombia dan Palang Merah pada Rabu (16 Mei 2018) waktu setempat mengeluarkan peringatan untuk warga empat kota kecil agar segera mengungsi akibat meluapnya air Sungai Cauca.

"Tolong tinggalkan sungai dan daerah sekitarnya segera. Dalam beberapa menit ke depan, permukaan air Sungai Cauca (akan naik). Segera pergi ke tempat pertemuan," demikian bunyi pernyataan yang disiarkan di media sosial.

Personel dari Angkatan Darat dan polisi nasional membantu mengungsikan warga yang tinggal di dekat sungai tersebut, setelah peringatan diumumkan di ruang mesin pembangkit listrik tenaga air Hidroituango.

"Ada perintah pengungsian buat masyarakat ini." kata Carlos Ivan Marquez, Direktur Penanganan Resiko Bencana Nasional, kepada pers, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi.

Pada Sabtu, pemerintah mengungsikan lebih dari 200 keluarga, karena air sungai menjebol tanggulnya setelah satu terowongan di Hidroituango tersumbat karena tanah longsor telah menghambatnya.

Banjir itu sudah menghancurkan 63 rumah, satu bangunan klinik, satu pusat pendidikan dan jembatan penyeberangan orang.

Menurut Menteri Pertambangan Kolombia German Arce, instruksi keadaan darurat buat daerah tersebut akan tepat diberlakukan sampai situasi di lokasi Hidroituango stabil.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More