Forgot Password Register

Survei: 8 Pekerja Industri yang Bakal Naik Gaji di Tahun 2019

Survei: 8 Pekerja Industri yang Bakal Naik Gaji di Tahun 2019 Mata uang rupiah (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Lembaga konsultan Mercer melalui hasil surveinya memprediksi akan terjadi kenaikan gaji sekitar delapan persen pada pekerja delapan bidang industri di Indonesia tahun 2019.

"Kenaikan bisa terjadi dengan laju inflasi yang kompetitif, serta pertumbuhan PDB yang positif di Indonesia," tutur Kepala Bisnis Karir Mercer Indonesia Astrid Suryapranata di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Kenaikan tersebut akan terjadi pada industri bidang pertambangan, jasa pertambangan, industri teknologi, barang konsumen, otomotif, ilmu hayati, kimia, dan jasa keuangan.

Baca juga: Pantau Promo! Diskon Harbolnas Dijamin Buat Kamu Susah Mingkem

Kenaikan terbesar akan terjadi di industri ilmu hayati dengan besaran mencapai 8,8 persen di tahun 2019, meningkat dari 8,2 persen pada tahun 2018.

"Perkiraan kenaikan gaji yang terjadi di Indonesia termasuk bagus jika dibandingkan negara-negara ASEAN lain. Di Singapura misalnya, kenaikan mungkin hanya sekitar tiga persen," kata Astrid memaparkan.

Menurut dia, prediksi kenaikan gaji secara keseluruhan di delapan bidang industri mencerminkan kepercayaan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia dalam menghadapi tahun politik di 2019.

Meski kabar tersebut menjadi angin segar bagi dunia industri nasional, namun 545 perusahaan yang ikut dalam survey tersebut memiliki kriteria masing-masing untuk menentukan kenaikan gaji karyawannya.

Baca juga: Ada Celah Bisnis 'Legit' Nih Jelang Konser BLACKPINK

Sekitar 96 persen perusahaan akan menilai faktor kinerja karyawannya sebelum menaikKan gaji, 80 persen dari hasil kinerja perusahaan, dan 77 persen tergantung dari posisi atau jabatan karyawan.

"Faktor ketiga itu lebih jadi penentu kenaikan gaji dari pada pertimbangan tingkat inflasi," katanya menambahkan.

Tiga faktor yang menjadi pertimbangan itu, katanya melanjutkan, menunjukkan bahwa perusahaan telah menyadari struktur dan skala upah yang diatur dalam Permenaker Nomor 1 tahun 2017 tentang struktur dan skala upah.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More