Forgot Password Register

Headlines

Survei Indo Barometer: Soeharto Presiden Terbaik Indonesia

Survei Indo Barometer: Soeharto Presiden Terbaik Indonesia Survei Indo Barometer (Foto: Pantau.com / Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Lembaga survei Indo Barometer (IB) menyebut setelah 20 tahun reformasi, faktanya masyarakat masih menyebut Presiden Soeharto sebagai presiden paling berhasil memimpin.

"Ditanya presiden yang paling berhasil adalah pertama Soeharto, kedua Soekarno dan ketiga Jokowi," ujar Direktur Indo Barometer M Qodari di Hotel Harris, FX Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (20/5/2018).

Dalam survei itu disebutkan sebanyak 32,9 persen responden menyebut Soeharto sebagai presiden paling berhasil, yang disusul Soekarno sebanyak 21,3 persen, dan Jokowi sebesar 17,8 persen.

Pernyataan ini tak sepadan dengan suara masyarakat sebesar 52,7 persen yang menyebut kondisi Indonesia lebih baik dibanding dengan 20 tahun lalu, pada masa orde baru lalu.

Baca juga: Demokrat Benarkan Pertemuan AHY dan Sandiaga Bahas Koalisi 2019

Bahkan tingkat kepuasan masyarakat untuk lepas dari orde baru dan melangkah ke masa reformasi cukup tertinggi dengan angka 58,5 persen.

Namun, angka ini berkejaran apabila saat membandingkan sebanyak 31,3 persen yang mengaku tidak puas dengan reformasi, berkata masa Soeharto lah yang terbaik. Sebaliknya sebanyak 58,5 persen mengaku puas reformasi mengatakan Jokowi lah sebagian presiden terbaik.

"Mayoritas (reformasi) lebih baik itu larinya ke Jokowi, kalau (reformasi) lebih buruk itu larinya Soeharto," tutur Qodari.

Adapun survei ini dilakukan pada kurun waktu 15 hingga 22 April 2018, dengan menanyai sebanyak 1200 responden, sekaligus margin of error' sebesar 2,83 persen, dengan metode penarikan multistage random sampling. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More