Forgot Password Register

Susinisasi, Jurus Jitu Menteri Susi Pangkas Pemborosan Anggaran di Kementeriannya

Menteri Susi Pudjiastuti (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi) Menteri Susi Pudjiastuti (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku punya cara jitu agar kementeriannya terhindar dari perilaku korupsi. Menteri Susi mengaku menggunakan jurus Susininasi, untuk menghemat anggaran di kementeriannya.

Susinisasi yang dimaksud menteri berpenampilan nyentrik itu adalah bagaimana ia berusaha membuat kementeriannya lebih transparan, tidak menggunakan istilah rumit yang menurut Susi dapat memberi peluang terjadinya praktik korupsi.

"Yang saya lakukan saya mencoba lebih transparan semua. Satu dilarang kata-kata besar, yang begitu tidak boleh di tempat KKP, saya pusing ngelihat kontrol anggaran," ujar Susi saat menjadi pembicara dalam acara peluncuran Akademi Antikorupsi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (19/4/2018)

Baca juga: Ditantang Sandiaga Uno Adu Olahraga Air, Menteri Susi Ajukan Syarat

Susi menuturkan, dirinya tidak menyukai saat pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam anggaran menyebutkan seperti Pengawasan, Perencanaan, Pengembangan dan berbagai bahasa yang melebar lainnya.

"Misalnya mau berdayakan nelayan ribet, bilang saja mau beli jaring nelayan," kata pemilik dari maskapai Susi Air itu.

Bahkan, Susi juga sempat bercerita bagaimana ia pernah menghadiri sebuah acara seminar di Kemendikbud, yang saat itu Anies Baswedan masih sebagai Mendikbud, dan dengan terang-terangan mengkritik judul seminar yang menurutnya ngejelimet.

"Judulnya 'Pengawasan, Perencanaan, dan Pengembangan Guru di Indonesia'. Saya bilang sama Anies, 'saya baca lu punya seminar pusing judulnya'," ujar Susi yang disambut gelak tawa para pengunjung acara terbahak.

Baca juga: Ada 20 ABK Korban Perdagangan Orang di Kapal Buronan Interpol

"Saya bikin surat edaran tidak boleh ada kata-kata itu," sambungnya.

Kejelasan kalimat yang ada pada setiap program KPP ternyata berdampak signifikan terhadap pemangkasan anggaran kementeriannya. Susi mengklaim karena aturan yang ia terapkan, berhasil mengembalikan uang negara sebesar Rp8,8 triliun selama tiga tahun.

"Itu kita kembalikan uang negara Rp8,8 triliun kembali ke negara dalam 3 tahun," tutur wanita asal Pangandaran Jawa Barat itu.

"Dari Susinisasi ini, Pak Presiden yang kasih nama bukan saya," tutupnya yang lagi-lagi membuat hadirin tergelak.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More