Forgot Password Register

Perjuangan Joanna Alexandra Saat Anaknya Sempat Divonis Tak Akan Berumur Panjang

Perjuangan Joanna Alexandra Saat Anaknya Sempat Divonis Tak Akan Berumur Panjang Joanna Alexandra dan Ziona Eden Alexandra Panggabean (Foto: Instagram/@joannaalexandra)

Pantau.com - Setelah dirundung kesedihan harus menerima kenyaatan bahwa putri bungsunya menderita penyakit kelainan, senyum artis cantik Joanna Alexandra kini sudah mulai merekah lantaran keadaan putrinya yang bernama Ziona Eden Alexandra Panggabean telah jauh membaik.

"Kabar baik banget. Sekarang Zio sudah 16 bulan, tambah pintar. Jadi sejak umur setahun dia perkembangannya lumayan pesat, ya. Memang ada keterlambatan, kayak dia enggak bisa jalan. Tapi dia sekarang sudah bisa duduk, dibantuin duduk gitu. Sekarang juga lagi belajar merangkak," ungkap Joanna ditemui di Kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Karena hal itu pula Joanna merasa senang melatih motorik bayi yang akrab dipanggil baby Zio, seperti mengajak bercanda, senyum dan melambaikan tangan. Kakak-kakak baby Zio juga disebut menjadi salah satu pemicu perkembangan sang adik yang sering kali jahil terhadap baby Zio.

Joanna juga tak menampik perawatan dan terapi yang dilakukan jadi berperan besar terhadap perkembangan baby Zio yang kini dapat beraktivitas selayaknya bayi normal. Tak tanggung-tanggung, baby Zio harus menjalani tiga kali terapi fisioterapi yang memerlukan biaya tak sedikit.

"Sama di rumah juga, selain fisioterapi gerakannya dilakuin di rumah. Sama dokternya sekarang  lagi disuruh cerewet, kayak misalkan mau dipakein baju kita harus benar-benar semuanya dikomunikasikan. Semua warna, bentuk makanan, kalau mau nyuapin dia makan," tuturnya.

Baca juga: Begini Cara Tantri 'Kotak' Buat Kesepakatan dengan Anak Terkait Penggunaan Gadget

Perkembangan kian pesat, Joanna justru semakin banyak diberikan ultimatum dan wejangan dari dokter yang menangani anaknya untuk sering membawanya ke ruang terbuka dan bertemu banyak orang untuk bersosialisasi.

"Jadi kita harus cerewetin dia tentang warna dan bawa dia keluar untuk sosialisasi, entah itu naik bus atau naik kereta lihat banyak orang. Sekarang ini enggak boleh dikukung, kayak ada pantangan-pantangannya. Selama dia sehat, lagi enggak sakit, enggak batuk dan pilek. Jadi lagi benar-benar keluar, makanan enggak ada pantangan supaya cepat naik berat badan," tukasnya.

Baca juga: Raffi Ahmad Senang Raftar Tumbuh Jadi Anak yang Pintar

Kelainan yang menyerang baby Zio adalah kelainan tulang belakang dan laryano malacia yang proses penyembuhannya butuh waktu bertahap dan diklaim Joanna bahwa anaknya mengalami kemajuan signifikan bahkan mendekati sembuh.

Sebelumnya, Joanna dikabarkan sempat syok lantaran anaknya disebut tak akan berumur panjang.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More