Forgot Password Register

Tahun 2018, Kuota Haji di Tangerang Ditambah 404 Jamaah

Tahun 2018, Kuota Haji di Tangerang Ditambah 404 Jamaah ilustrasi calon jamaah haji (Foto: Antara / Rahmad)

Pantau.com - Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun 2018 kuota haji Kabupaten Tangerang, Banten, bertambah sebanyak 404 jamaah.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag, jumlah jamaah dari Tangerang menjadi 2.461 jamaah yang berasal dari 29 kecamatan.

"Jumlah itu dianggap paling banyak bila dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Banten," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kabupaten Tangerang, Asep Maman Kurnia di Tangerang, Minggu (20/5/2018).

"Calon haji yang sudah melunasi tahap pertama sebanyak 2.339 jamah berdasarkan pendataan sementara petugas," tambahnya.

Dia mengatakan masih ada beberapa tahap lagi dan masih tersisa waktu untuk pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Asep berharap calon haji dapat segera melunasi, karena akan dilaporkan ke Kemenag di Jakarta sesuai kuota yang telah ditentukan.

Sedangkan keberangkatan calon haji dapat ditentukan bila memang sudah menyetor awal sebesar Rp25 juta dan kekurangan akan dilunasi dari selisih nominal yang sudah diterapkan pemerintah.

Baca juga: Duh, Biaya Naik Haji 2018 Alami Kenaikan Sebesar Rp345.290

Penetapan BPIH ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No.7 tahun 2018 dan Keputusan Menteri Agama (KMA) No.220 tahun 2018 tentang pembayaran BPIH tahun 2018.

Dalam Kepres tersebut untuk menentukan BPIH bagi calon haji reguler, tim pemandu dan berdasarkan embarkasi.

Bahkan dalam peraturan tersebut tidak berlaku bagi calon dengan Ongkos Naik Haji (ONH) plus bila ingin menunaikan rukun Islam kelima itu.

Padahal sebelumnya, peraturan baru bahwa bagi calon yang sudah melunasi BPIH tapi meninggal dunia, maka dapat digantikan oleh keluarga mereka. Dari laporan petugas bahwa sejumlah calon haji yang sudah membayar setoran awal tapi pindah ke daerah lain dan ada juga yang meninggal dunia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More