Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Tak Ada Messi-Ronaldo, Ini 5 Rekor Olahraga yang Sulit Dipecahkan

Headline
Tak Ada Messi-Ronaldo, Ini 5 Rekor Olahraga yang Sulit Dipecahkan Messi dan Ronaldo. (Foto: Legit.ng)

Pantau.com - Usai membukukan rekor 72-10 yang sensasional pada akhir musim NBA 1995-1996, dikatakan bahwa tidak ada tim yang mampu berhasil melampaui rekor dominan Chicago Bulls. Namun, 20 tahun kemudian, Steve Kerr (yang bermain untuk Chicago) membawa tim asuhannya Golden State Warriors mencetak rekor 73-9 yang luar biasa.

Golden State Warriors diisi beberapa pemain basket yang menakjubkan seperti Steph Curry dan Klay Thompson. Warriors membuktikan rekor yang paling tak terkalahkan pun bisa digulingkan.

5 Rekor Olahraga yang Sulit Dihentikan

Namun, ada beberapa rekor maupun catatan yang olahraga yang begitu sulit dihentikan. Pantau.com merangkum 5 rekor yang bakal terus bertahan dalam waktu yang lama. Apa saja?

1. Wilt Chamberlain Pencetak 100 Poin di Bola Basket

wilt chamberlain
Wilt Chamberlain. (Foto: Istimewa)

Wilt Chamberlain memegang beberapa catatan di NBA yang tidak bisa dipecahkan, ini merupakan bukti dominasi yang mencengangkan di eranya. Namun, rekor yang paling menonjol adalah mencetak 100 poin dalam satu pertandingan (sebelum tiga poin diperkenalkan).

Lantas pencapaian Wilt Chamberlain yang paling mendekati dilakukan oleh Kobe Bryant, dengan mencetak 81 poin pada tahun 2006. Sayangnya masih dibutuhkan 19 poin untuk bisa menyamakan Wilt.

Memang Kobe Bryant, tidak diragukan lagi, ia salah satu pencetak angka terbanyak sepanjang masa. Namun, usahanya yang sangat besar begitu pendek karena ia rata-rata melakukan 50 tembakan dalam satu pertandingan.

Sejumlah pemain menciptakan 50 poin setiap musim, dan kadang-kadang 60 poin (Michael Jordan berhasil melakukannya selama enam kali). Guard Phoenix Suns, Devin Booker, pernah tercatat mencetak angka 70 poin pada 2017, tetapi itu tidak mampu membuatnya mendekat rekor Wilt.

Perlu diingat, Wilt Chamberlain mencetak rata-rata 50,4 persen selama satu musim. Ini merupakan rekor tak terpecahkan kedua miliknya.

2. Alan Shearer Pencetak 260 Gol, Terbanyak di Premier League

alan shearer

Shearer pencetak gol paling banyak di Premier League. (Foto: Dok. Newcastle United).

Kita tahu bahwa sepakbola pertama lahir di Inggris, pembentukan Premier League lahir pada 1992. EPL membantu mengubah permainan menjadi lebih baik, dengan kontrak televisi besar-besaran digunakan untuk menarik beberapa pemain terbaik.

Premier League menempatkan fokus pada hiburan yang ramah bagi keluarga, mengingat sepakbola Inggris begitu lekat dengan hooliganisme.

Sejak dimulainya era baru, satu orang berdiri di atas yang lain yakni legenda Blackburn Rovers dan Newcastle United, Alan Shearer. Penyerang Inggris ini begitu berbakat dengan membuat gol paling sulit terlihat sangat mudah baginya.

Shearer mencetak 260 gol dalam 441 pertandingan selama 15 musim, termasuk 40 gol yang memesona di musim 1993-1994 dan 42 gol di musim berikutnya.

Tercatat pemain aktif terdekat yang mampu menyamai rekor Shearer yakni Wayne Rooney dengan 208 gol. Namun, pemain DC United ini malah melanjutkan karirnya di Negeri Paman Sam.

Sementara itu, ada nama penyerang Manchester City, Sergio Aguero yang sudah membukukan 164 gol dalam 239 pertandingan. Di usia 31 tahun, ia dapat mengancam rekor milik Shearer.

Namun, satu-satunya pemain yang berpeluang kuat untuk mendekati Shearer ada pada Harry Kane. Pemain Tottenham Hotspur ini sudah memiliki 125 gol dalam 181 pertandingan, dan ia masih berusia 25 tahun. Jika dia tetap bermain di Inggris, ada peluang bagus untuk bisa mencetak rekor, perlu diingat juga selisih 135 gol bukan jarak yang dekat.

3. 18 Gelar PGA Milik Jack Nicklaus

jack nicklaus

Nicklaus bersama dengan Woods. (Foto: Golfweek)

Belum lama semua orang menganggap rekor ini pasti bisa dihancurkan, ketika Tiger Woods muda menjuarai Tur PGA dengan meraih 14 kemenangan besar dalam 11 musim. Bahkan penggemar terbesar Jack Nicklaus merasa hanya masalah waktu sebelum rekor Golden Bear dari 18 kemenangan Major akan dikalahkan oleh Woods.

Namun, kehidupan pribadi Woods berantakan. Masalah-masalah pribadi yang dikombinasikan dengan kesehatan pada tahun 2009. Woods yang sekarang berusia 40 lebih kerap mengalami cedera. Praktis, begitu mustahil bisa memecahkan rekor milik Nicklaus.

Catatan Nicklaus begitu aman dari kejaran Woods yang tanpa henti mencoba meraih gelar. Woods sempat mencoba merevolusi permainan golf, dan sekarang ada selusin (atau lebih) orang di PGA Tour yang cukup baik untuk bersiang di dalamnya. Sebut saja, Rory McIlroy dan Ernie Els masing-masing memiliki empat, yang paling dekat di antara pegolf aktif.

4. Michael Phelps Pemilik 28 Medali Olimpiade

michael phelps

Michael Phelps. (Foto: Istimewa)

Nama Michael Phelps tidak perlu diragukan lagi karena kehebatannya di kolam renang mengumpulkan penghargaan nasional di lima Olimpiade berbeda. Sejak Sydney 2000 hingga Rio de Janeiro 2016, selama 16 tahun, Phelps tidak bisa dihentikan.

Dia menetapkan 39 rekor waktu dunia yang berbeda, antara lain 29 dalam lomba individu, 10 lebih dalam lomba estafet dengan rekan satu timnya. Catatan Phelps yang paling mengesankan adalah jumlah medali yang diraihnya. Ia memiliki total 23 medali emas, dan 28 total (dua medali perunggu pada 2004, dua medali perak pada 2012, dan satu perak pada 2016). 

Tercatat ada mantan raja renang Mark Spitz Amerika Serikat, yang memenangkan 11 total medali Olimpiade antara 1968 dan 1972. Di luar olahraga renang, pesenam Soviet Larisa Latynina memenangkan 18 medali antara 1956-1964.

Bahkan Usain Bolt yang hebat hanya memiliki delapan medali. Butuh satu dari sejuta atlet yang mendominasi banyak event, baik dalam renang, lintasan dan lapangan, atau senam agar rekor Phelps jatuh.

5. 38.387 Poin NBA Terbanyak Milik Kareem Abdul-Jabbar

kareem abdul jabbar

Kareem Abdul-Jabbar saat membela Lakers. (Foto: NBA)

Kareem Abdul-Jabbar merupakan pemain NBA yang berkarir selama 20 musim, ia jauh lebih lama dari rata-rata karir pemain basket profesional. Namun, dirinya butuh bertahun-tahun untuk memecahkan salah satu rekor permainan yang paling didambakannya.

Dengan rata-rata 24,6 poin per game untuk seluruh karirnya, juara NBA enam kali itu mencatat 38.387 poin dan menjadi pencetak angka terbanyak dalam sejarah NBA.

Karl Malone menjadi pemain terdekat, mendekati Jabbar dengan hanya di bawah 37.000 poin. Kobe Bryant berada di posisi ketiga, dengan 33.643, Michael Jordan, berada di urutan keempat dengan 32.292. Bahkan Wilt Chamberlain yang hebat saja hanya mengumpulkan 31.419, hampir 7.000 poin lebih sedikit dari Kareem.

Lantas siapa pemain NBA aktif terdekat yang memecahkan rekor milik Jabbar? Dirk Nowitzki sudah mencetak 31,560 poin, tetapi ia memutuskan pensiun musim 2019. Sejauh ini ada nama LeBron James yang memiliki tembakan terbaik, dengan 32.543 sejauh ini. Jadi pebasket berusia 34 tahun ini perlu bermain empat musim penuh lagi dengan tetap sehat dan mempertahankan kecepatan mencetak poin untuk bisa melewati rekor Jabbar.

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: