Forgot Password Register

Headlines

Tak Cicipi 'Puncak Kejayaan', Kenapa Banyak Startup Gagal? (Bagian I)

Tak Cicipi 'Puncak Kejayaan', Kenapa Banyak Startup Gagal?  (Bagian I) Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Selama ini banyak sekali Startup yang dalam kurun waktu hitungan kurang dari 2 tahun sudah gulung tikar.

Salah satu penyedia layanan cloud hosting atau file website, dewaweb merangkum beberapa faktor yang menyakibatkan startup gulung tikar telalu cepat. Jika ibrata pernikahan, para startup ini belum mengalami masa-masa sulit jatuh bangun membangun rumah tangga. Dari data dewaweb, sebanyak 9 dari 10 startup mengalami kegagalan, miris bukan? hanya 1 yang mampu bertahan.

Dewaweb menjelaskan beberapa gejala umumnya:

1. Kegagalan Model Bisnis

Salah-satu penyebab umum kegagalan startup adalah wirausahawan terlalu optimistik tentang betapa mudahnya memperoleh pelanggan. Banyak yang berasumsi mereka akan membangun website, produk, atau layanan yang menarik, maka pelanggan akan datang berbondong-bondong.

Mungkin itu bisa terjadi pada pelanggan pertama, tapi setelah itu mejadi tugas yang berat untuk menarik dan memenangkan pelanggan. Yang perlu dicatat disini adalah harga untuk memperoleh pelanggan sebenarnya lebih tinggi dibanding nilai dari pelanggan itu sendiri.

Baca juga: Pecinta SariWangi Jangan Panik, Kalian Masih Bisa Ngeteh Ko

2. Tim Manajemen Yang Tidak Solid


Tim manajemen yang bagus akan cukup cerdas untuk menghindari alasan di atas. Tim manajemen yang lemah membuat kesalahan di banyak area.  

Contohnya; 

- Mereka sering kali lemah pada strategi, membangun produk yang tidak ada pembelinya karena mereka gagal bekerja untuk memvalidasi ide sebelum dan selama proses pengembangan.

- Mereka biasanya tidak bagus pada tahap eksekusi, yang dapat memicu masalah dengan produk yang tidak dibangun dengan baik atau tepat waktu, dan menuju eksekusi pasar yang buruk implementasinya.



Share :
Komentar :

Terkait

Read More