Pantau Flash
Resmi! Jokowi-Ma'ruf Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024
Marquez Juara GP Jepang, Honda Raih Gelar Konstruktor MotoGP 2019
Presiden Jokowi Janji Umumkan Nama Menteri Kabinetnya Besok
Jelang Pelantikan Presiden, Bus Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute
TNI-Polri Kerahkan Armada Udara Pantau Situasi Pelantikan Presiden

Tak Hanya Persib, Ini 5 Insiden Penyerangan Bus di Sepakbola

Tak Hanya Persib, Ini 5 Insiden Penyerangan Bus di Sepakbola Bus Persib yang diserang oknum suporter. (Foto: Antara)

Pantau.com - Insiden penyerangan bus yang dialami pemain Persib Bandung usai laga melawan PS Tira bukan lah pertama kala terjadi dalam dunia sepakbola. Tercatat, ada dua pemain Maung Bandung mengalami luka pada bagian kepala.

Seperti diberitakan Pantau.com sebelumnya, bus yang membawa pemain dan ofisial Persib mendapat penyerangan dari sekelompok massa tak dikenal sebelum memasuki gerbang tol Sentul, Sabtu malam, 14 September 2019.

Insiden tersebut terjadi sesaat usai Persib meninggalkan Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, usai pertandingan kontra PS Tira Persikabo. Tak disangka, teror pun terjadi dengan adanya lemparan batu yang membuat Omid Nazari dan Febri Hariyadi terluka.

Baca juga: Gelandang Persib: Tolong Hentikan Kekerasan Pada Sepakbola

Pantau.com merangkum insiden pelemparan bus pemain paling mencekam yang terjadi di dunia sepakbola. Berikut ini 5 tragedi mencekam dalam serangan bus di sepakbola. 

Serangan ke bus Boca Junior. (Foto: Sport24)

1. Boca Juniors vs River Plate


Klub asal Argentina ini akan menjalani laga leg kedua Copa Libertadores melawan rival abadinya yakni River Plate. Sejatinya laga bertajuk Derby Super Clasico itu akan digelar pada Minggu 25 November 2018.

Namun karena sebuah insiden penyerangan terhadap bus yang membawa para pemain Boca Juniors, pertandingan terpaksa harus diundur. Kejadian ini terjadi saat bus tengah dalam perjalanan menuju Stadion El Monumental.

Tiba-tiba suporter River Plate yang sudah menunggu di pinggir jalan, tanpa ampun melempari bus dengan benda-benda tumpul seperti botol dan kayu.

Akibat serangan brutal itu, bus mengalami sejumlah kerusakan seperti kaca pecah. Selain itu, para pemain Boca Juniors yang berada di dalamnya juga mengalami luka-luka.

Serangan ke bus Man City. (Foto: Express)

2. Liverpool vs Manchester City


Tensi panas kerap terjadi di antara tim-tim Inggris. Insiden penyerangan bus di laga Liverpool .Jelang laga yang akan berlangsung di Stadion Anfield itu, bus para pemain Man City mendapat teror dari suporter tuan rumah, dengan lemparan botol, kaleng hingga flare.

Ini dilakukan untuk meneror mental para pemain The Citizen. Terbukti, laga berhasil dimenangkan Liverpool dengan skor 3-0. Di leg kedua, Liverpool kembali meraih kemenangan 2-1 (agregat 5-1) dan berhak melaju ke babak semifinal.

Liverpool menyatakan permintaan maaf lewat situs resminya, mereka meminta maaf kepada manajer Pep Guardiola, stafnya, serta para pemain City atas sikap liar Liverpudlian.

"Klub mengutuk peristiwa sebelum laga perempatfinal Liga Champions, yang mengakibatkan kerusakan pada bus tim Manchester City dalam kedatangan mereka di Anfield," tegas pernyataan Liverpool di situs resminya.

Bus Man United diserang oleh fans The Hammers. (Foto: Express)

3. West Ham vs Manchester United


Tak hanya Manchester City, kini giliran tetangganya yakni Manchester United yang mengalami insiden pelemparan bus dari suporter tim lawan.

Peristiwa ini terjadi pada laga pekan ke-35 Premier League musim 2016/2017 antara West Ham United melawan Man United pada Selasa 01 Mei 2018.

Ketika hendak masuk ke Stadion Boleyn Ground, sejumlah suporter The Hammers meneror para pemain Setan Merah. Mereka melakukan aksi pelemparan bus yang membawa seluruh pemain dengan menggunakan benda-benda tumpul seperti botol dan kaleng.

Bus yang membawa awak pemain dan official itu mengalami sejumlah kerusakan, namun tidak ada korban atas kejadian ini. Akibatnya, pertandingan harus ditunda sekitar 45 menit.

Baca juga: Bus Persija Dilempari Batu, Satu Official Jadi Korban

Serangan bus pemain Persija. (Foto: Istimewa).

4. Persib vs Persija


Rivalitas panas juga terjadi di sepakbola nasional, antara dua klub Persib melawan Persija. Tak heran, duel keduanya kerap terjadi insiden-insiden mengerikan, salah satunya adalah pelemparan bus pemain.

Salah satunya terjadi pada tahun 2011. Bus yang membawa tiga ofisial tim Persija hancur, karena dilempari benda tumpul oleh oknum suporter tuan rumah jelang pertandingan berlangsung di Stadion Si Jakal Harupat, Bandung.

Sementara itu, sejumlah pemain Macan Kemayoran diantar menggunakan kendaraan rantis ketika hendak memasuki stadion. Namun, kendaraan lapis baja itu juga tak luput dari serangan suporter tuan rumah. Hingga akhirnya, sejumlah kaca kendaraan itu pecah dan tiga official yang menumpang bus sempat mengalami luka ringan.

Bus yang mengisi pemain Persija. (Foto: Istimewa)

5. PSM Makassar vs Persija


Bus pemain Persija Jakarta harus mengalami insiden pelemparan batu oleh kelompok oknum suporter PSM Makassar saat perjalanan kembali ke hotel setelah menjalani official training di Makassar, Sabtu 27 Juli 2019 sore. Satu official Macan Kemayoran menjadi korban dalam pelemparan tersebut.

Persija akan melakoni laga tandang kontra PSM pada leg II final Piala Indonesia 2018-2019 di Stadion Andimattalatta, Minggu 28 Juli besok. Sehari sebelum pertandingan, kedua tim diwajibkan untuk menggelar official training di stadion yang akan digunakan.

Dalam video yang tersebar, terlihat sejumlah kelompok suporter PSM yang memadati jalan di Makassar melakukan lemparan batu ke arah bus Persija. Kaca bagian kiri bus pun pecah akibat lemparan batu tersebut. Selain itu, salah satu official Persija, Beto juga mendapat luka pada bagian kepalanya.


Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - RZS
Category
Olahraga

Berita Terkait: